Makin Suram, Rencana Pengembangan Wisata Pulau Mandangin

Keindahan pantai Pulau Mandangin dengan perahu yang berjejer. (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Rencana Desa Pulau Mandangin, Kecamatan/Kabupaten Sampang, Madura dijadikan desa wisata semakin suram. Pasalnya, anggaran yang dibutuhkan tak kunjung direalisasikan.

Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang Marnilem mengatakan, usulan Desa Mandangin dijadikan wisata sudah ada sejak 2019, namun hingga kini tahapan perencanaan itu masih dalam pengajuan.


“Sudah ada grand desainnya, tinggal menunggu anggaran saja apakah sudah ada atau belum, apalagi masih pandemi Covid-19,” ucapnya, pada maduraindepth.com, Selasa (25/1).

Lebih lanjut, Marnilem menyampaikan, anggaran yang dibutuhkan itu bersumber dari APBN. Sebab, jika menggunakan anggaran dari APBD dinggap terlalu besar.

“Pemerintah daerah tidak mampu dengan anggaran sebanyak itu, apalagi masih pandemi Covid-19 semua direcofusing,” terangnya.

Dijelaskan Marnilem, untuk membangun wisata di Pulau Mandangin membutuhkan 40 miliar, dan sudah ada dalam Perpres nomor 80 tahun 2019 tentang percepatan pembangunan ekonomi.

“Jika anggaran sudah ada, yang paling berpotensi direalisasikan lebih awal adalah wisata bawah laut yang terkoneksi langsung dengan wisata mangrove di Taddan,” ungkapnya.

Dari anggaran 40 miliyar itu, lanjut Marnilem, kemungkinan juga dibangun wisata lain yang berpotensi meningkatkan taraf ekonomi masyarakat setempat. Lokasinya di tanah kosong sebelah timur desa pulau Mandangin.

Namun rencana dibangunnya wisata di tanah kosong tersebut menemui kendala pembebasan lahan. Sebab, hingga kini tanah tersebut masih memiliki kontrak dengan perusahaan migas.

Baca juga:  Ini Daftar Kasus Selama Bulan November - Desember 2020 di Bangkalan

“Kami terus melakukan pendataan dan komunikasi. Jika lahan di sebelah timur tidak lagi dikontrak oleh perusahaan migas, pemerintah daerah akan memfungsikannya sebagai wisata,” ujarnya.

Marnilem melanjutkan, rencana wisata tersebut hingga saat ini masih dalam tahap master plan. Pihaknya tidak bisa memastikan sampai kapan anggaran itu ada untuk bisa merealisasikan destinasi wisata di Mandangin.

Namun demikian, Marnilem memastikan bahwa pemerintah daerah sangat mendukung rencana wisata di Mandangin. Kekayaan alamnya sangat bagus tinggal dipoles sedikit.

“Kita tinggal menunggu anggaran saja semoga ada dan bisa dilaksanakan,” pungkasnya. (Alim/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here