Kemenag Sampang Gelar KSMO Jatim Jenjang MI

Abd Hayyi, Ketua KKMI Kabupaten sekaligus Kepala MIN Sampang saat memonitoring pelaksanaan KSMO jenjang Madrasah Ibtida'iyah, Sabtu (24/10). (AW/MI)

maduraindepth.com – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang menggelar Kompetisi Sains Madrasah Online (KSMO) tingkat provinsi Jawa Timur jenjang Madrasah Ibtida’iyah, Sabtu (24/10). Kegiatan yang digelar di Madrasah Ibtida’iyah Negeri (MIN) Sampang ini dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan.

Ketua Kelompok Kerja Madrasah Ibtida’iyah (KKMI) Kabupaten Sampang, Abd Hayyi mengatakan, KSMO tingkah provinsi tahun ini dilaksanakan di masing-masing kabupaten dan dipusatkan di satu tempat.


“Kebetulan di Sampang ditempatkan di MIN Sampang,” kata pria yang juga menjabat Kepala MIN Sampang ini.

Dijelaskannya, KSMO jenjang MI diikuti sebanyak 311 peserta dari Madrasah Ibtida’iyah se-Kabupaten Sampang. Ratusan peserta mendaftar melalui akun madrasahnya masing-masing.

“Rinciannya 74 untuk mapel matematika, 74 peserta untuk mapel sains. Kemudian mapel bahasa arab ada 48 peserta, bahasa indonesia ada 54 peserta dan mapel PAI 61 peserta,” jelasnya.

Hayyi menambahkan, Kompetisi Sains Madrasah Online yang diselenggarakan oleh Kemenag berbeda dengan yang dilaksanakan di sekolah-sekolah. Sebabnya, KSMO yang diselenggarakan oleh kemenag soal-soalnya terintegrasi dengan mapel agama.

“Jadi harapannya siswa tidak hanya mampu di bidang matematika, tetapi dia juga mampu di bidang agama,” lanjut dia.

Lebih lanjut Hayyi menuturkan, pelaksanaan KSMO berlangsung tertib dan lancar. Meskipun ada sedikit kendala seperti koneksi, kesulitan peserta pada saat login, namun hal itu bisa diatasi oleh panitia.

Baca juga:  Warga NU Desak Polres Pamekasan Usut Tuntas Pelaku Ujaran Kebencian

“Melalui KSMO ini, saya berharap nantinya ada perwakilan siswa Sampang yang menjadi juara di tingkat provinsi,” harapnya.

Sementara itu, Najwa Aisyah (12), peserta asal Madrasah Ibtida’iyah (MI) Miftahul Ulum Pulau Mandangin mengaku senang bisa mengikuti KSMO tingkat provinsi Jatim yang digelar di MIN Sampang. “Saya senang bisa mengikuti KSMO Mapel Sains karena menguji kemampuan saya,” ucapnya.

Terpisah, Kepala Kantor Kemenag Sampang, H. Pardi melalui Kasi Penma, Mawardi mengapresiasi gelaran Kompetisi Sains Madrasah tingkat provinsi yang tahun ini dilaksanakan secara online. Ia mengaku salut kepada panitia penyelenggara yang bisa melaksanakan kegiatan dengan baik.

“Saya salut dan bangga kepada panitia penyelenggara yang tergabung dalam KKMI, karena mampu melaksanakan kegiatan dengan baik. Meskipun persiapannya mepet sekali,” ucap Mawardi, via pesan WhatsApp, Sabtu (24/10).

Pihaknya berharap, KSMO ini menjadi wadah bagi siswa-siswi Madrasah untuk menyalurkan kemampuan akademiknya sesuai dengan bidang-bidangnya masing-masing.

“Yang pintar agama silahkan mengikuti bidang agama. Yang kemampuan sains silahkan memilih kelompok sains. Artinya semua kemampuan akademik siswa bisa terwadahi melalui KSM ini,” jelasnya.

Dia menambahkan, pelaksanaan KSMO sangat bagus kedepannya untuk melanjutkan kemampuan akademik siswa ke jenjang berikutnya, yakni tingkat Tsanawiyah. Pihaknya berharap ajang KSMO bisa berlangsung secara rutin setiap tahun, dan madrasah menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya.

Baca juga:  Tegur Keras Kepala OPD, Bupati Sampang: Kemarin Ke