Kawanan Paus Terdampar di Modung, Warga: Sudah Mati

Paus di Modung Bangkalan
Kawanan paus terdampar di tepi pantai Modung, Bangkalan, Madura. (FOTO: Suryadi Arfa/MI)

maduraindepth.com – Puluhan ikan paus terdampar di pantai Modung, Kecamatan Modung, Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Kemunculan kawanan paus itu sontak menyita perhatian masyarakat di Pulau Garam, Kamis (18/2) kemarin.

Hewan mamalia diduga bertransmigrasi dari luar. Kini terdampar tidak berdaya di tepian pantai yang penuh dengan pasir.


“Saat ini air sudah surut, dan ikan pausnya terdampar di atas pasir. Sudah mati,” ujar Safi’i saat kepada maduraindepth.com Bangkalan, Jumat (19/2).

Lanjut pria tersebut, munculnya segerombolan anak paus itu pada hari Kamis (18/2) kemarin, pada saat kondisi air sedang pasang. Sehingga menjadi tontonan bagi warga sekitar pesisir.

“Ini momen langka, jadi banyak masyarakat sekitar yang datang untuk melihat, bahkan yang dari luar kecamatan juga banyak,” imbuhnya.

Lanjutnya, hahkan ada beberapa ikan paus yang pada saat itu terbawa arus ombak sehingga terdampar ke bibir pantai, dan dibantu oleh masyarakat sekitar dengan didorong agar kembali ke tengah.

“Saat itu kondisi air masih pasang jadi mudah untuk dibantu untuk kembali ke tengah,” tuturnya.

Namun nahas semenjak malam hari, ikan paus tersebut kembali terseret oleh ombak menuju bibir pantai. Warga berbondong-bondong untuk menolong. Namun sayang karena keterbatasan alat sehingga warga kesulitan untuk mengembalikannya ke tengah laut, apalagi kondisi air mulai surut.

Baca juga:  MTD Trunojoyo Juara Kontes Batu Akik, Kategori Batu Lokal

“Sehingga pagi harinya puluhan paus itu sudah mati akibat air yang begitu surut,” tutupnya.

Sekedar diketahui, hingga berita ini diterbitkan tim maduraindepth.com Bangkalan mencoba menghubungi Polairud Kabupaten Bangkalan via telepon seluler. Namun tidak ada jawaban. (SA/MH)