Kades Pulau Mandangin Serahkan Pas Kecil kepada 900 Nelayan

Penyerahan Pas Kecil kepada nelayan Desa Pulau Mandangin, Sampang, Jum'at (17/12). (Foto : Pemdes Mandangin for MI)

maduraindepth.com – Sebanyak 900 nelayan Desa Pulau Mandangin, Sampang, Madura, Jawa Timur menerima Pas kecil atau surat tanda kebangsaan kapal. Penyerahan dilakukan oleh Kepala Desa Saiful Anam di balai Desa setempat, Jum’at (17/12).

Kartu Pas kecil tersebut sebagai dokumen resmi kepemilikan kapal guna melindungi nelayan saat melaut.


“Kelengkapan dokumen bagi nelayan sangat penting untuk mendata pemilik resmi kapal,” ujar Saiful Anam saat dikonfirmasi.

Saiful meminta agar dokumen kepemilikan kapal atau Pas kecil betul-betul dijaga oleh para nelayan. Tujuannya, supaya nanti saat melakukan aktivitas ditengah laut para nelayan merasa aman.

“Termasuk ketika ditimpa musibah di tengah laut bisa diketahui identitasnya,” ucapnya.

Program tersebut, lanjut Saiful, dari pemerintah melalui Kantor Unit Pelabuhan Syahbandar, Branta, Pamekasan untuk masyarakat Desa, khususnya Desa Pulau Mandangin.

“Kami ajukan itu pada enam bulan yang lalu. Alhamdulillah saat ini sudah keluar dan bisa diserahkan ke pemilik kartu Pas kecil,” ungkapnya.

Untuk itu, Saiful mengimbau kepada masyarakat yang masih belum mendapatkan kartu Pas kecil agar mendaftar terlebih dahulu, sehingga Pemdes lebih mudah saat melakukan pengajuan lagi.

“Kadang ada pemindahan nama pemilik kapal karena transaksi jual beli. Jika ingin memiliki yang baru maka perlu mendaftarkan lagi,” pungkasnya. (Alim/Aw)