banner auto
banner auto

HSN 2022, Kasi Pontren Berharap Pesantren-Pesantren di Sampang Sajikan Video Terbaik

HSN 2022 Sampang
Kasi Pontren Kemenag Sampang Imam Mahmudi saat berada di ruang kerjanya, Selasa (11/10). (Foto: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Kasi Pondok Pesantren (Pontren) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Sampang, H Imam Mahmudi berharap Pondok Pesantren (Ponpes) se Kabupaten Sampang menyajikan video terbaik pada lomba video profile dan lomba video dokumenter dalam memperingati Hari Santri Nasional (HSN) 2022.  Mengingat, video terbaik akan ditampilkan pada sesi selayang pandang saat acara resepsi di Pendapa Trunujoyo Pemkab Sampang.

“HSN 2022 ini merupakan moment yang sangat baik bagi pesantren dalam mempromosikan lembaganya. Moment ini juga akan menjadi barometer sejauh mana kemampuan santri di bidang IT,” kata Imam saat dikonfirmasi diruang kerjanya, Selasa (11/10).

Menurut dia, tema HSN 2022 Berdaya Menjaga Martabat Kemanusiaan mengandung makna yang sangat dalam. Berdaya, kata Imam, merupakan pribadi santri yang selalu siap sedia mendarmabaktikan hidupnya untuk bangsa dan negara.

“Berdaya juga mengandung makna bahwa santri dengan segala kemampuannya, bisa menjadi apa saja. Santri sejak dulu memang dididik untuk menjadi ahli Agama. Namun, santri masa kini tidak hanya ahli ilmu Agama, tetapi juga menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi,” sambungnya.

Meski bisa banyak hal, lanjut Imam, santri tidak boleh melupakan tugas utamanya menjaga Agama. Sebab, salah satu tujuan Agama adalah memuliakan manusia. Agama tidak diturunkan untuk merendahkan martabat kemanusiaan.

“Di sinilah makna penting dari tema Menjaga Martabat Manusia. Santri senantiasa berprinsip bahwa menjaga martabat kemanusian adalah esensi ajaran Agama. Terutama di tengah kehidupan yang sangat majemuk. Menjaga martabat manusia juga berarti menjaga Indonesia,” papar Imam.

Baca juga:  Pabrik Rokok di Pamekasan Sumbang Pendapatan DBHCHT

Imam mengurai, ada beberapa rentetan acara pada resepsi HSN 2022, di antaranya:

  1. Penyerahan hadiah juara lomba-lomba
  2. Penayangan selayang pandang
  3. Penampilan tiga juara lomba Hadrah Al-Habsyi

“Resepsi akan dilaksanakan pada Sabtu, 22 Oktober 2022 di Pendapa Trunujoyo Sampang, pukul 19.00,” pungkasnya. (RIF/*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info