HCML Gelar Turnamen Sepakbola Mandangin Cup

maduraindepth.com – Turnamen Sepakbola “Mandangin Cup”, Minggu (8/3/2020) lalu resmi dimulai. Sebanyak 8 kesebelasan dari berbagai dusun di desa Pulau Mandangin berebut menjadi yang terbaik. Turnamen U-16 yang digelar di lapangan Gelora Putra Mandangin tersebut didanai dari Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) HCML 2019.

Sebagai penanda dimulainya turnamen bergengsi itu, Kepala desa Pulau Mandangin Saiful Anam menendang si kulit bundar dari tengah lapangan ke arah gawang sebelah utara. Para pemain dari dua kesebelasan yang berlaga, yakni Persekat dan PS. Darma yang telah berada di posisinya masing-masing menyaksikan tendangan pertama yang dilakukan Kepala desa. Pertandingan pembuka ini disaksikan sekitar 5000 penonton.


Kepala desa Pulau Mandangin Saiful Anam, dalam sambutannya mengucapkan terimakasih kepada SKK Migas dan HCML serta seluruh elemen masyarakat pulau Mandangin yang telah mensukseskan gelaran sepakbola yang sempat vakum selama hampir 4 tahun tersebut.

“Kami sangat mengapresiasi turnamen sepakbola Mandangin Cup ini, karena dengan adanya kegiatan ini masyarakat bisa berkumpul dan bergembira bersama. Terimakasih kepada HCML yang telah membantu dan memperhatikan minat dan bakat anak-anak kami di bidang olahraga,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Ketua Karang Taruna desa Pulau Mandangin Sulaiman menjelaskan, turnamen sepakbola Mandangin Cup tersebut khusus pemain usia dibawah 16 tahun. Sebab kata dia, selain fokus kepada pembinaan pemain muda, juga sebagai ajang seleksi pemain yang akan diproyeksikan masuk ke tim Mandangin Putra di kompetisi internal Persesa Sampang.

Baca juga:  HCML Sosialisasikan Zona Terbatas dan Terlarang Sumur BD

“Selain u-16 tahun, kami juga memperbolehkan klub peserta untuk memasukkan 3 pemain u-18 tahun,” jelasnya.

Sulaiman menambahkan, dengan adanya pemain u-18 tahun diharapkan para pemain usia di bawahnya mampu termotivasi untuk menunjukkan kemampuannya mengolah si kulit bundar.

“Target besar kami adalah untuk menyeleksi bibit-bibit handal pesepakbola Pulau Mandangin yang sejak dulu dikenal sebagai barometernya sepakbola di Sampang,” tambah pria yang juga berprofesi sebagai guru di SMPN 5 Sampang ini.

Terpisah, Hamim Tohari, Senior Head of Relation HCML melalui Site Relation and Communty Officer, Vilos Askuripson menegaskan akan terus mendukung upaya positif yang dilakukan pemerintah desa dan masyarakat untuk memajukan pulau Mandangin. Hal itu, kata pria yang akrab disapa Vilos, merupakan bentuk komitmen dan kepedulian HCML dalam menjalin kemitraan yang baik dengan masyarakat sekitar pengeboran.

“Turnamen sepakbola Mandangin Cup ini sangat bagus, karena kami melihat potensi besar terutama fisik dan skil pemuda desa disana. Mudahan-mudahan persepakbolaan di Pulau Mandangin kembali berjaya seperti era dulu,” harapnya.

Saat ini pertandingan masih memainkan babak penyisihan grup. Sebanyak 8 klub peserta terbagi ke dalam 2 grup. Masing-masing juara grup dan runner up nantinya akan lolos ke babak 4 besar untuk berebut juara Mandangin Cup. (AW)