HCML Bantu Pembangunan Plat Beton dan Plengsengan Melalui Program PPM

Ppm hcml dharma camplong
Pj Kades Dharma Camplong, Matruji sedang mengecek pembangunan infrastruktur desa. (FOTO: Alimuddin/MiD)

maduraindepth.com – Pelaksanaan kegiatan pembangunan infrastruktur desa di Desa Dharma Camplong, Kabupaten Sampang selesai dikerjakan. Dana yang dialokasikan bersumber dari Program Pemberdayaan Masyarakat (PPM) Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) 2023.

Penjabat Kepala Desa (Pj Kades) Dharma Camplong, Matruji berterima kasih kepada HCML karena telah membantu desanya melalui PPM. Menurutnya, program tersebut membuat perubahan nyata di desanya.

“Terima kasih atas bantuan adanya anggaran PPM HCML 2023 ini, selanjutnya jalan ini bisa dimanfaatkan masyarakat setempat,” ujar Matruji kepada maduraindepth.com, Kamis (7/3).

Matruji menyampaikan, pengerjaan makadam dan plengsengan anggarannya bersumber dari PPM HCML 2023. Pengerjaan dilaksanakan mulai tanggal 12-22 November 2023.

“Rampungnya pekerjaan makadam dan plengsengan ini sangat membantu masyarakat setempat,” ungkap Matruji.

Dikatakan, landasan kegiatan pembangunan makadam dan plengsengan itu, yakni kesepakatan koordinasi yang dihadiri oleh Kepala Desa, masyarakat dan HCML. Hal ini sebagaimana sudah tertuang dalam pasal 74 Undang-Undang no 40 2007 tentang tanggungjawab sosial perseroan terbatas.

“Adanya landasan kegiatan itu, pelaksanaannya pun menjadi terstruktur dan memberi banyak manfaat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Matruji mengatakan, kegiatan pembangunan makadam dan plengsengan ini merupakan progam bidang fisik. Kegiatannya yaitu makadam dengan ukuran panjang 75 meter dan lebar 2,40 meter, rata rata ketebalan 15 sentimeter. Sedangkan plengsengan sepanjang 140 meter tinggi 40 sentimeter, diameter atas 30 sentimeter.

Baca juga:  Warga Desa Banjar Talela Terbantu oleh Pembangunan Jalan Makadam, Kades: Dibangun PPM HCML 2023

“Semoga pelaksanaan kegiatan pembangunan makadam dan plengsengan ini mempermudah aksesibilitas sarana ke daerah tertentu, serta meningkatkan rasa persaudaraan antar masyarakat,” ujarnya.

Terpisah, Ketua Trunojoyo Amanah Sagara (TAS) selaku Pendamping PPM HCML wilayah Sampang, Hendriyanto menyebutkan, jalan merupakan salah satu sarana penghubung yang sangat penting dalam kehidupan masyarakat sehari-hari. Oleh sebab itu, perlu adanya pemeliharaan yang berkelanjutan dari kerusakan yang ada.

Namun, kata lelaki yang sering disapa Hendri itu, dalam perkembangan perekonomian, sarana dan prasarana jalan yang baik merupakan salah satu faktor yang berpengaruh besar terhadap perkembangan perekonomian. Tdak terkecuali warga yang berdomisili di wilayah Desa Dharma Camplong.

“Warga di wilayah tersebut sangat mendambakan adanya peningkatan sarana dan prasarana penunjang perekonomian, khususnya sarana transportasi darat seperti jalan umum, maka atas kepedulian perusahan kita bangun menggunakan kegiatan pendampingan ini,” pungkasnya. (Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *