Event  

Hari Pertama Festival Lomba Daol Dug-Dug di Sampang Berlangsung Spektakuler

Festival Daul Dug-dug
Peserta lomba Festival daol Dug-Dug sedang memainkan musik tradisional. (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Hari pertama festival lomba daol Dug-Dug menyambut hari jadi Kabupaten Sampang ke-399 berlangsung spektakuler. Ribuan penonton memadati lapangan parkir pasar Margalela Sampang, Jumat (28/10) malam.

Sebanyak 18 kelompok musik dan seni tari, bersaing dalam festival musik daol yang digelar Pemerintah Kabupaten Sampang dengan tema ‘Budaya Hebat Bangkit Bermartabat’.

Festival musik tradisional daul ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata (Disporabudpar) Sampang, Marnilem bersama jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan dihadiri Wakil Ketua II DPRD Sampang.

“Kegiatan ini sengaja digelar untuk menyambut hari jadi Kabupaten Sampang ke-399, serta menghidupkan kesenian tradisional yang ada di Madura, khususnya musik daol yang kini banyak digemari masyarakat,” kata Marnilem sebelum membuka acara.

Sementara Ketua Panitia Festival Lomba Daol Dug-Dug, H. Mohammad Yusuf menyebut berlangsungnya acara ini mulai 28-29 Oktober 2022 di halaman depan Pasar Margalela Sampang. “Hari pertama yang bertanding sebanyak 10 peserta, lima dari kelompok musik daol dan lima peserta dari kategori tari seni,” ucapnya.

Nantinya juara satu dari lomba festival daol Dug-Dug ini akan mendapatkan tropy bergilir. Selain itu, juga akan ditampilkan kembali pada 31 Oktober 2022 di Panggung Budaya yang dihadiri KH. D. Zamawi Imron, Budayawan Madura.

“Kami berharap festival doal Dug-Dug ini berjalan lancar dan spektakuler, perlu ikut serta melestarikan budaya lokal yang ada,” ungkapnya.

Pembina Sampang Kreatif, Andi Sulfaladeh bersyukur lantaran Festival lomba doul dug-dug kembali digelar di Sampang dengan sangat meriah. “Alhamdulillah, kita bisa menyelenggarakan festival musik tradisional secara langsung setalah dilanda pandemi Covid-19,” ucapnya.

Andi mengaku bangga, pasalnya Kabupaten Sampang akan memasuki usia ke-399 dengan visi ‘Sampang Hebat Bermartabat’. “Kita harus bangga jadi bagian dari peringatan hari jadi Kabupaten Sampang ke-399 menuju budaya hebat bangkit bermartabat,” ucapnya.

Oleh sebab itu, pihaknya berharap semua rangkaian acara dalam menyongsong hari jadi Sampang menampilkan budaya lokal dengan perpaduan kreativitas masyarakat.

“Ini bukti kalau di Sampang masih konsisten melestarikan budaya, ditambah kreativitas seni dari pemuda terus ditingkatkan,” pungkasnya. (Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *