banner auto
banner auto

Festival Musik Tong-Tong di Sumenep Meriah

Rangkaian Hari Jadi ke 753 Kabupaten Sumenep

Festival Musik Tong-Tong Sumenep
Salah satu penampilan grup musik tong-tong Lanceng Spectra saat memukau pengunjung Festival Musik Tong-Tong di Sumenep, Sabtu (22/10) malam. (Foto: Ridho M Subastian/MI)

maduraindepth.com – Pagelaran akbar Festival Musik Tong-Tong dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 753 Kabupaten Sumenep berlangsung meriah, Sabtu (22/10). Festival itu diikuti sebanyak 30 grup musik tong-tong yang ada di Kota Keris.

Festival kebudayaan itu dihadiri dan dibuka langsung Bupati Sumenep Achmad Fauzi beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sumenep. Ribuan masyarakat tumpah ruah untuk menyaksikan festival musik tong-tong yang digelar Forum Komunikasi Putra Putri TNI-Polri (FKPPI) Sumenep tersebut.

Sepanjang rute dari Jalan Urip Sumoharjo (Depan Kantor RRI Sumenep) hingga perempatan Jalan Kartini dipenuhi pengunjung. Bahkan rela berdesak-desakan demi menyaksikan pagelaran budaya khas Madura ini. Maklum, dua tahun festival musik tong-tong tidak digelar, karena pandemi Covid-19.

Bupati Sumenep, Achmad Fauzi menyampaikan terima kasih kepada seluruh pegiat seni budaya yang ada di Kabupaten Sumenep. Khususnya grup musik tong-tong yang telah ikut melestarikan warisan budaya. Juga, dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 753 Kabupaten Sumenep.

Festival Musik Tong-Tong Sumenep
Bupati Sumenep Achmad Fauzi beserta Forkopimda saat melepas keberangkatan peserta Festival Musik Tong-Tong Sumenep 2022, Sabtu (22/10). (Foto: Ridho M Subastian/MI)

“Bersama kita jaga, kita lestarikan budaya ini. Musik tong-tong ini sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) asli Sumenep oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud),” tuturnya saat memberikan sambutan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disbudporapar) Sumenep, Moh Iksan memaparkan, selain sebagai kegiatan rangkaian Hari Jadi ke 753 Kabupaten Sumenep, festival ini digelar untuk ajang silaturrahmi grup musik tong-tong di Kota Keris. Termasuk sebagai upaya pelestarian seni budaya.

Baca juga:  Bupati Sumenep Raih Penghargaan Lencana Bakti Desa Pratama dari Kemendes PDTT RI

“Semoga, seni budaya khususnya musik tong-tong di Kabupaten Sumenep terus lestari,” harapnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info