banner auto
banner auto
Event  

Festival Lomba Daol Dug-Dug di Sampang Segera Digelar

Festival Daul Dug-dug
Istimewa

maduraindepth.com – Dalam rangka menyongsong hari jadi Kabupaten Sampang ke-399, festival lomba daol Dug-Dug akan berlangsung spektakuler. Pasalnya, sejumlah pelaku seni musik budaya dari tiga kabupaten di Madura akan berlomba merebutkan juara terbaik.

Lomba daol Dug-Dug sendiri akan berlangsung pada 28-29 Oktober 2022 di lapangan parkir Pasar Margalela Sampang. Tema yang diusung perayaan hari jadi Sampang ke-399 yaitu ‘Budaya Hebat Bangkit Bermartabat’.

Ketua Panitia Festival Lomba Daol Dug-Dug, H. Mohammad Yusuf menyampaikan, festival lomba daol Dug-Dug ini merupakan rangkaian acara menyambut hari jadi Kabupaten Sampang ke-399. Sekaligus menyambut hari sumpah pemuda pada 28 Oktober 2022.

“Di hari jadi kabupaten Sampang ke-399 ini kita meriahkan dengan penampilan seni budaya lokal sebagi bentuk melestarikan budaya Madura, khusunya di Sampang,” ucapnya, Kamis (27/10).

Yusuf menambahkan, peserta berasal dari tiga kabupaten di Madura. Yaitu dari Sumenep, Pamekasan dan Sampang.

“Peserta yang sudah ikut technical meeting dari Sumenep ada 1 grup, Pamekasan ada 12 grup, dan 5 dari Sampang,” bebernya.

Disebutkan, setiap grup akan memainkan satu lagu wajib dan satu lagu umum. Dimana satu lagu wajib itu berjudul Sampang Hebat Bermartabat.

“Lagu pilihan ada tiga, peserta bisa memilih lagu pilihan sesuai yang diinginkan dengan durasi waktu sekitar 17 sampai 20 menit untuk menampilkan seni musik budaya terbaiknya,” ungkap Yusuf pada maduraindepth.com.

Nantinya pemenang juara satu dari lomba festival daol Dug-Dug ini akan mendapatkan tropy bergilir. Serta ditampilkan kembali pada 31 Oktober 2022 di Panggung Budaya yang dihadiri KH. D. Zamawi Imron, Budayawan Madura.

Dia berharap festival doal dug-dug ini berjalan lancar dan spektakuler. Apalagi sebagai pemuda dalam rangka menyambut hari jadi Kabupaten Sampang ke-399, perlu ikut serta melestarikan budaya lokal yang ada.

“Kita di Madura khususnya di Sampang sangat kaya akan budaya. Jadi, alangkah baiknya jika pemuda ikut berpartisipasi untuk melestarikan budaya sendiri,” tuturnya.

Sementara, Pembina Sampang Kreatif, Andi Sulfaladeh mengungkapkan rasa syukurnya, lantaran Sampang akan memasuki usia ke-399 dengan visi ‘Sampang Hebat Bermartabat’.

“Kita harus bangga jadi bagian dari peringatan hari jadi Kabupaten Sampang ke-399 menuju budaya hebat bangkit bermartabat,” ucapnya.

Andi mengharapkan, semua rangkaian acara dalam menyongsong hari jadi Sampang menampilkan budaya lokal dan kreativitas masyarakat yang spektakuler.

Hal itu, kata Andi, perlu dilakukan sebagai langkah membuktikan bahwa di Sampang masih konsisten melestarikan budaya lokal dengan perpaduan kreativitas seni dari pemuda. (Alim/MH)

banner auto banner auto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp Kirim Info