Enam Parpol Belum Daftarkan Bacaleg ke KPU Bangkalan

Pendaftaran bacaleg KPU Bangkalan pemilu 2024
Ketua KPU Bangkalan Zainal Arifin. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Pendaftaran Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) akan ditutup hari ini, Ahad (14/5) pukul 23.59. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bangkalan sebut masih ada enam partai politik (Parpol) belum mendaftarkan Bacaleg.

Diketahui, sejumlah partai yang belum mendaftarkan Bacalegnya yakni, Partai Buruh, Partai Glora, PKN, PPP, Garuda dan PSI. KPU Bangkalan akan menunggu hingga batas yang sudah ditentukan.

banner auto

Ketua KPU Bangkalan, Zainal Arifin menyampaikan, bahwa sudah ada 501 Bacaleg dari 12 Parpol yang terdaftar di KPU Bangkalan. Menurutnya tidak semua partai memaksimalkan Bacalegnya.

“Tidak semua Parpol memaksimalkan Bacalegnya, maksimal itu 50 ya. Mau menyalegkan berapapun itu kewenangan Parpol ya,” tuturnya.

Kata Zainal, ada beberapa Parpol yang akan mendaftar tapi SILON belum terselesaikan. menurutnya untuk Submit di SILON ada pada DPP masing-masing Parpol.

“Memang dari beberapa Parpol itu untuk Submit yaitu di DPP, sehingga operator di tingkat Kabupaten tidak diberi akses untuk submit. Kalau belum submit artinya belum menyelesaikan di SILONnya,” jelasnya.

Bahkan menurut dia, ada juga beberapa Parpol di tingkat Kabupaten diberi akses oleh DPPnya untuk Submit. “Kalau tidak salah seperti Perindo ada juga Golkar, itu bisa Submit tingkat Kabupaten,”ujarnya.

Setelah pendaftaran, menurut Zainal akan ada verifikasi selama 1 bulan sepuluh hari. Setelah itu yakni ada proses pencermatan Daftar Calon Sementara (DCS).

Baca juga:  Ratusan Mahasiswa Sumenep Rapatkan Barisan Menangkan Nia Kurnia Fauzi pada Pemilu 2024

“Nanti ini prosesnya masih panjang, ada pencermatan DCS kemudian pengumuman setelah resmi menjadi DCS. Pengumuman itu bertujuan, apakah ada tanggapan masyarakat, mohon maaf misalnya terkait ijazah terindikasi palsu dan semacamnya, itu merupakan ruang bagi publik untuk memberikan tanggapan,” pungkasnya. (RM/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto