Ditanam Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono, ‘Sawo Kecik’ di Sampang Jadi Perbincangan

0
277
Tumbuh Subur: Pohon Sawo Kecik yang ditanam mantan Ibu Negara RI almarhumah Ani Yudhoyono.

maduraindepth.com – Mantan Ibu Negara Kristiani Herawati atau akrab disapa Ani Yudhoyono meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya.

Istri Presiden RI ke 6 Susilo Bambang Yudhoyono itu wafat di Singapore pada Sabtu 1 Juni 2019.

Setelah kabar wafatnya Ibu Ani Yudhoyono tersiar ke seluruh pelosok negeri, pohon ‘Sawo Kecik’ yang ditanamnya di halaman Pendopo Sampang jadi perbincangan hangat.

Sejumlah media online memberitakan Sawu Kecik yang ditanamnya merupakan kenangan atau peninggalan mantan Ibu Negara RI dua periode tersebut.

Kabag Humas Pemkab Sampang Yulis Juwaidi mengungkapkan, Sawo Kecik tersebut ditanam oleh Ibu Ani Yudhoyono pada 4 Desember 2013.

Baca juga: Berduka, Legislator Muda Pamekasan Posting Foto Ani Yudhoyono

Saat itu, lanjut Yulis, Ibu Ani mendampingi suaminya yang masih menjabat sebagai Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono dalam rangka kunjungan kerja. Sawo Kecik itu sekarang tumbuh subur di halaman Pendopo Bupati Sampang.

“Saya ingat betul, waktu itu bersama Presiden SBY yang menanam Sawo Kecik,” tutur Yulis saat dihubungi, Ahad (2/6/2019).

Menurut Yulis, Almarhumah Ibu Ani Yudhoyono memang suka menanam pohon dan peduli dengan penghijauan. Termasuk Sawo Kecik yang ditanam di Sampang tersebut.

“Ada dua pohon Sawo Kecik yang ditanam. Di sebelah utara ditanam pak SBY, sedangkan di sebelah selatan ditanam ibu Ani,” ungkapnya.

“Mungkin di daerah lain beliau juga menanam, seperti di Kabupaten Pamekasan dan Sumenep,” imbuhnya.

Selain itu, Yulis menjelaskan, pohon Sawo Kecik memiliki nilai filosof tersendiri. “Nilai filosofinya Sawu Kecik mencerminkan orang yang baik dan membawa kebaikan,” ucapnya. (MH/MI)