Dihantam Puting Beliung, Sejumlah Fasilitas Milik Puskesmas Banyuanyar Sampang Rusak Berat

0
1019
Plt Kepala Dinkes Sampang Agus Mulyadi saat meninjau lokasi, Ahad 5 Januari 2020. (Rif/MI)

maduraindepth.com – Akibat hujan lebat disertai angin puting beliung, sejumlah fasilitas milik Puskesmas Banyuanyar Sampang, Madura, rusak berat. Kerusakan terjadi di 11 ruangan dan 1 lahan parkir mobil Puskesmas yang berlokasi di Kelurahan Polagan tersebut.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Agus Mulyadi mengatakan, kerusakan meliputi Ruang Rawat Inap Anak 100 persen, Ruang Poli Umum 100 persen, Ruang Poli Gigi 25 persen, Ruang Poli KIA 25 persen, Ruang Poli Anak Imunisasi 100 persen, Poli P2P 100 Persen, Ruang Dahak 50 persen, Gudang Askes 100 persen, Ruang Depan Anak 25 persen, Ruang Depan Avka 25 persen, Ruang Depan Poli Umum 50 Persen, dan parkiran mobil 50 persen.

“Total kerugian kami masih belum bisa memprediksi, namun yang jelas kerusakan masuk kategori rusak berat,” ujarnya, di Puskesmas Banyunyar, Ahad (05/01/2020).

Lebih lanjut Agus mengatakan, dirinya sudah melakukan koordinasi dengan Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sampang, dan akan segera dilakukan pembahasan terkait perbaikannya.

“Langsung kami kordinasikan ke Sekda, Sekda sudah melakukan kordinasi dengan Bapak Bupati, semoga Perbaikan segera dilakukan karena sifatnya urgen,” harap Agus.

Masih menurut Agus, tidak ada korban jiwa dalam tragedi tersebut, namun beberapa pasien segera dilakukan evakuasi di ruangan yang aman, sehingga tetap bisa dilakukan perawatan.

“Kejadiannya sekitat pukul 16.30 sore tadi, Anginnya langsung meghantam bangunan, sehingga atap puskesmas berjatuhan,” tuturnya.

Terpisah, Sekdakab Sampang, Yuliadi Setiawan saat dikonfirmasi mengatakan, kerusakan terjadi dibeberapa ruangan.

“Terutama plavon, tahun ini juga akan segera dilakukan perbaikan, karena merupakan kebutuhan mendesak bagi pelayanan kesehatan,” ujarnya .(RIF/AW)