Dianggap Pejuang, Begini Penuturan Pegiat Seni tentang Ra Sol

0
500
KH. Sholahur Robbani
KH. Sholahur Robbani (mengenakan jas hitam). Istimewa

maduraindepth.com – KH. Sholahur Robbani atau akrab disapa Ra Sol merupakan inspirasi bagi teman-teman Komunitas Perupa Sampang (KPS). Selain menjadi sang pejuang, almarhum Ra Sol adalah sosok guru yang baik.

Demikian disampaikan ketua KPS Choirul Alwan saat wawancara dengan maduraindepth.com, di Gedung Kesenian usai pembukaan pameran sang pejuang #4, Senin 26 Agustus 2019 malam.

Alwan mengungkapkan, sosok Ra Sol bukan hanya sekedar teman bagi pegiat seni di Kota Bahari. Tapi juga sebagai figur yang tidak bisa dilupakan.

Bagi pegiat seni di Sampang, Ra Sol banyak meninggalkan jasa di KPS. Diantaranya, kata Alwan, ia merupakan salah satu inisiator cikal bakal terbentuknya KPS.

Sejak berdiri pada tahun 2003, Ra Sol yang menahkodai KPS hingga wafat pada 2016 lalu. Sosok Ra Sol, kata Alwan, tidak bisa tergantikan.

“Yang tidak bisa dilupakan dari bahasa beliau, saya bisa tertawa lepas dengan teman-teman KPS,” cerita Alwan mengenang Ra Sol.

Menurut Alwan, Ra Sol banyak memberi ajaran, motivasi dan support kepada teman-teman KPS. Dari ajaran itu, almarhum Ra Sol bisa meyakinkan para pegiat seni di Sampang bahwa uang itu bukan segala-galanya. Tapi semangat dan kemauan yang bisa membuat KPS besar.

Menurut Alwan, ajaran Islam yang dimasukkan dalam KPS tidak ada yang salah. Buktinya, banyak dari karya pegiat seni di Sampang yang terpengaruh dan terinspirasi oleh pemikiran Ra Sol.

“Saya yakin, pameran ini berkat dari jasa beliau,” pungkasnya. (MH/AW)