Bupati Bangkalan Serahkan 15 Unit Mobil Ambulan Puskesmas

0
21
Bangkalan
Bupati Bangkalan berikan bantuan mobil ambulan kepada Plt. kepala Dinkes didampingi ibu ketua PKK Bangkalan. (Foto: AR/MI)

maduraindepth.com – Sebanyak 15 Puskesmas di Kabupaten Bangkalan mendapatkan bantuan mobil ambulan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat. Bantuan diserahkan langsung Bupati R Abdul Latif Amin Imron di Pendopo Agung Bangkalan, Rabu (18/12).

15 Puskesmas penerima bantuan mobil ambulan yakni, puskesmas Galis, Kwanyar, Tongguh, Sepulu, Blega, Kamal, Socah, Jaddih, Sukolilo, Burneh, Klampis, Tanjungbumi, Kedungdung, Bangkalan dan Arosbaya. Sedangkan 7 Puskesmas yang lain diproyeksikan di tahun 2020. Total ada 22 puskesmas se-kabupaten Bangkalan.

“Mobil ini untuk menunjang pengembangan puskesmas, terutama dalam pelayanan bagi masyarakat,” kata Ra Latif, sapaan akrabnya.

Ra Latif berharap, dengan kehadiran mobil itu dapat memberikan pelayanan yang cepat kepada masyarakat selama 24 jam.

“Semoga bisa digunakan sebaik mungkin, dan bagi yang belum mendapatkan, harap tunggu semoga ditahun depan ada bantuan kembali,” kata dia.

Sementara, Plt.Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangkalan, Sudiyo menambahkan, bantuan 15 unit mobil ambulan tersebut berasal dari tiga sumber.

“3 unit dari dana untuk hasil pajak dan retribusi, 8 unit dari cukai tembakau, dan 4 unit dari dana afirmasi,” jelasnya.

Mobil bantuan itu ucap Sudiyo, bisa digunakan untuk perawatan kesehatan dasar yang darurat atau rutinitas serta untuk mobilisasi rujukan, kecuali jenazah.

“Jadi ini bukan untuk mobil pembawa jenazah ya, jangan salah paham. Mobil untuk pembawa jenazah sudah ada khusus,” kata dia.

Sudiyo mengatakan, mobil pemberian ambulan hanya digunakan untuk tindakan pelayanan kesehatan dasar yang emergency maupun rutinitas, serta untuk sarana mobilisasi rujukan. Dimana seluruh peralatan dan kelengkapan lainnya sudah ada.

Ke depan, pihaknya akan terus melakukan pengembangan dan berharap tahun depan seluruh puskesmas di Bangkalan mendapatkan bantuan mobil ambulan. (AR/AW)