Atlet Jatim Asal Sampang Raih Perunggu Peparnas Papua

Muhlis (kanan), atlet Jawa Timur asal Kabupaten Sampang raih perunggu dalam pertandingan catur cepat di Peparnas XVI Papua. (Foto : NPC Sampang for MI)

maduraindepth.com – Muhlis (23), atlet Jawa Timur asal Kabupaten Sampang, Madura berhasil meraih medali perunggu di ajang Pekan Paralimpik Nasional XVI (Peparnas) Papua 2021. Ia menjadi juara ketiga dalam kategori catur cepat.

Pemuda asal Desa Kanjer, Kecamatan Torjun ini berhasil menyingkirkan sebanyak 131 atlet penyandang disabilitas dari 23 Provinsi.


Ketua National Paralympic Committe (NPC) kabupaten Sampang, Munawi mengaku bangga atas prestasi yang diraih Muhlis. Dengan keterbatasannya, Muhlis memiliki segudang prestasi di bidang catur.

“Ini merupakan prestasi yang luar biasa. Keterbatasan bukan jadi alasan untuk berprestasi,” ungkap Munawi, Senin (8/11).

Munawi, yang juga Ketua Perkumpulan Penyandang Disabilitas Indonesia (PPDI) Sampang ini bersyukur atas sejumlah prestasi yang ditoreh penyandang disabilitas. Hal itu menunjukkan bahwa penyandang disabilitas mampu berkontribusi bagi Jawa Timur, khusunya kabupaten Sampang.

Dijelaskan, prestasi yang diraih atletnya antara lain, medali perunggu untuk perorangan, lomba gangga juara dua. Besok, Selasa (9/11) masih merebutkan satu tiket kelas standar.

“Kami berharap semua prestasi yang didapat teman-teman disabilitas dapat perhatian dan dukungan pemerintah daerah sehingga prestasi-prestasi lainnya bisa diraih,” ucapnya.

Munawi menambahkan, Muhlis merupakan satu-satunya atlet asal kabupaten Sampang yang mewakili Jawa Timur di Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua. Ia terpilih setelah menjuarai seleksi catur piala Gubernur Jatim beberapa waktu lalu.

Baca juga:  Bupati Sampang : Kami Tidak Melarang Kegiatan Keagamaan Bulan Ramadhan

“Kalau dari awal perebutan piala Gubernur sekaligus penyeleksian awal, kami yang mendanai sendiri,” pungkasnya. (Alim/Aw)