Asah Kreatifitas dan Semarakkan HUT ke 78 RI, Disdik Sumenep Gelar Festival Sepeda Hias

festival sepeda hias disdik sumenep
Bupati Sumenep foto bersama salah satu peserta Festival Sepeda Hias. (Foto: Arif/MID)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) Sumenep menggelar Festival Sepeda Hias untuk menyemarakkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke 78 Republik Indonesia. Start dan finish fi depan Rumah Dinas Bupati Sumenep, festival itu diikuti peserta dari jenjang SD hingga SMP.

Selain sebagai perayaan HUT Kemerdekaan RI, kegiatan tersebut juga bertujuan untuk mengasah kreatifitas para peserta didik. Termasuk memberikan hiburan kepada masyarakat Kota Keris.

“Kami mengajak generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif melalui ide pemikirannya menciptakan karya nyata, demi mendorong pembangunan Kabupaten Sumenep,” ujar Bupati Sumenep, Achmad Fauzi Wongsojudo, Ahad (20/8).

sepeda hias disdik sumenep
Bupati Sumenep didampingi Kepala Disdik Sumenep saat gelaran Festival Sepeda Hias. (Foto: Arif/MID)

Kepala daerah ujung Timur Pulau Madura itu berharap, melalui festival sepeda hias yang dilaksanakan Disdik Sumenep dapat menumbuhkembangkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada pelajar dan generasi muda. Sehingga tumbuh rasa cinta tanah air, guna melanjutkan cita-cita perjuangan pahlawan bangsa.

“Kemeriahan warna-warni sepeda hias membuktikan bahwa bangsa Indonesia terdiri dari beragam suku dan budaya, namun tetap dalam satu Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), dengan menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan,” tuturnya.

Kepala Disdik Sumenep, Agus Dwi Saputra memaparkan, festival diikuti sebanyak 44 regu. Meliputi, tingkat SD sebanyak 36 regu dan SMP sebanyak 8 regu.

“Kami menetapkan 6 pemenang dan 3 peserta favorit untuk tingkat SD. Sedangkan untuk tingkat SMP ditetapkan 4 pemenang yang berhak mendapatkan uang pembinaan dan piagam penghargaan serta tropi Bupati Sumenep,” jelasnya.

Baca juga:  Berhasil Tangkap Maling, Satpam di Bangkalan Dapat Penghargaan dari Kapolres

Diterangkan, penilaian lomba sepeda hias meliputi kesesuaian penampilan dengan tema yang diusung. Termasuk ketertiban barisan, kerapian regu, kekompakan, kreativitas, kelengkapan jumlah peserta, dan hiasan sepeda. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *