Angin Puting Beliung Sapu Rumah Warga di Sumenep Madura

0
225
Angin Puting Beliung Rumah Warga Sumenep Madura
Genteng kandang ayam milik warga yang disapu angin puting beliung. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Sejumlah rumah warga di Dusun Gerinih, Desa Ketawang Daleman, Kecamatan Ganding, Kebupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, rusak diterjang angin puting beliung sekitar pukul 12.00 WIB siang tadi, Kamis (12/12/2019).

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Abd. Rahman Riadi, bahwa ada beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan.

“Kejadian angin buting beliung itu, mengakibatkan enam rumah milik warga mengalami kerusakan ringan terutama bagian atap rumah berhamburan,” papar Rahman, saat dikonfirmasi.

Untuk sementara, sambung Rahman, dalam kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Pihaknya, telah menerjunkan tim ke Tempat Kejadian Perkara (TKP), guna memastikan tingkat kerusakan rumah yang diterjang angin puting beliung tersebut.

“Dan kami akan berikan bantuan berupa sembako dan terpal kepada warga setempat yang rumahnya mengalami kerusakan,” kata Rahman.

Sedangkan, kerugian materil yang dialami warga akibat musibah tersebut, ditaksir mencapai sekitar 5 juta rupiah.

Warga setempat, Affan Bajra mengatakan, bahwa rumah miliknya juga diterjang angin. Kemudian dua rumah milik Farid dan Abdurrahman juga mengalami hal serupa.

“Peristiwa alam ini terjadi sekitar pukul 12.45 barusan,” terang Affan Bajra setelah atap dan teras rumahnya rusak.

Menurut Affan, bangunan lainnya yang juga rusak akibat disapu angin puting beliung adalah posko tempat para pemuda setempat biasa nongkrong siang-malam. Termasuk juga kandang ayam dan satu toko milik warga setempat.

“Mujur, yang dibawa terbang hanya atap kandang, sedangkan ayam-ayam di dalamnya sempat berlarian dan sebagian yang lain tetap di dalam sangkar,” ungkap warga Dusun Gerinih, Desa Ketawang Daleman, Kecamatan Ganding. (MR/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here