Akhir Tahun 2022, Serapan APBD Bidang Pengelolaan Sampah DLH Bangkalan Baru 70 Persen

DLH Bangkalan
Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Bangkalan Yudistiro. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun (B3) Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Bangkalan baru menyerap 70 persen dari pagu anggaran perencanaan belanja daerah (APBD) sebesar Rp 3,7 miliar. Sehingga, tersisa 30 persen yang belum diserap hingga akhir tahun 2022 kali ini.

Kabid Pengelolaan Sampah dan Limbah B3 DLH Bangkalan Yudistiro menyampaikan, DLH Bangkalan merinci seputar kegiatan yang dilakukan oleh jajaran bidangnya. Penyerapan tersebut di antaranya rutinitas operasional bahan bakar minyak (BBM) untuk tenaga kerja, penyapu dan pengadaan penambahan kontainer.

“Serapan memang kurang lebih 70 persen. Pertengahan bulan akhir tahun ini, akan ada pengadaan mesin pencacah, untuk kontainer dan lain – lain. Insyaallah akhir tahun akan terserap 100 persen,” ujarnya, Selasa (6/12).

Pagu anggaran, lanjut dia, mencapai Rp 3,7 miliar digunakan untuk operasional persampahan. Pihaknya mengaku ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Memang kami sangat membutuhkan fasilitas penunjang, karena evaluasi untuk saat ini masih kekurangan armada,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala DLH Anang Yulianto menerangkan, pihaknya memang lambat dalam realisasi dibanding organisasi perangkat daerah (OPD) lain di Bangkalan. Karena, kata dia, DLH sampai saat ini masih memiliki beberapa kontrak yang tengah berjalan.

“Pasti akan mencapai diangka 100 persen, tetapi ini masih proses dan kami masih mempunyai waktu beberapa minggu ke depan,” pungkasnya. (RM/*)

Baca juga:  Cegat Pemudik dan Wisatawan Masuk Wilayah Sumenep, Ops Ketupat Semeru 2021

Dapatkan Informasi Terkini Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *