Sewa 10 Unit Mobil Dinas Hyundai Creta, Pemkab Bangkalan Keluarkan Biaya Rp 870 Juta

sewa mobil dinas pemkab bangkalan
Salah satu kendaraan yang disewa Pemkab Bangkalan untuk tahun anggaran 2023. (Foto: Romi/MID)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan keluarkan biaya pengadaan sewa mobil dinas tahun 2023 sebesar Rp 870 juta. Anggaran tersebut untuk sewa mobil Hyundai Creta sebanyak 10 unit.

Perlu diketahui, kendaraan tersebut diperuntukkan bagi 10 Kepala bagian (Kabag) yang ada di Sekretariat Daerah (Setda) Bangkalan. Dana tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Kabag Umum Setda Bangkalan, Yakqub menyampaikan, dalam pengadaan sewa mobil dinas tersebut pihaknya bekerjasama dengan Kalla Group. Perusahaan tersebut sudah terdaftar di lembaga kebijakan pengadaan barang/jasa pemerintah (LKPP).

“Anggarannya itu sebesar Rp 870 juta untuk sewa 10 unit selama satu tahun. Dengan perhitungan nilai rentalnya per unit sebesar Rp 7.250.000 per bulan,” tuturnya, Jumat (27/1).

Menurut dia, sewa mobil Hyundai Creta itu diperlukan untuk menunjang pelaksanaan tugas dan fungsi pejabat di lingkungan Setda Bangkalan. Yakqub menilai, sistem sewa tersebut lebih praktis dan murah dari pada melakukan pembelian kendaraan baru.

Pengadaan sewa kendaraan tersebut, lanjut dia, akan berakhir pada Desember 2023 mendatang. Dia menyebut, tidak dilakukannya pengadaan aset langsung untuk meminimalisir keuangan daerah. Sehingga melalui sewa kendaraan, bisa lebih menghemat anggaran.

“Jika nanti ada keluhan, montir dari perusahaan yang datang untuk mengecek. Termasuk biaya perawatan seperti penggantian oli dan lainnya. Biaya perawatan include sama sewanya. Artinya, kita tidak butuh biaya perawatan tambahan,” tuturnya.

Baca juga:  PPK Sampang Gelar Rakor Persiapan Coklit, KPU Wanti-wanti PPS Jangan Lakukan Ini

Yakqub menambahkan, selama ini Kabag belum memiliki aset kendaraan dinas. Sehingga sewa menjadi pilihan mengingat postur anggaran yang terbatas. (RM/*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto