banner auto

40 Grup Musik Tong-tong se Madura 2023 Pukau Ribuan Penonton

Rangkaian Hari Jadi ke 754 Kabupaten Sumenep

grup festival musik tong-tong se madura
Salah satu peserta Festival Musik Tong-tong se Madura saat tampil memukau penonton. (Foto: Arif/MID)

maduraindepth.com – Sebanyak 40 grup tampil memukau ribuan penonton yang hadir pada gelaran Festival Musik Tong-tong se Madura 2023, Sabtu (15/10) malam. Festival yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep bersama Keluarga Besar Forum Komunikasi Putera-puteri Purnawirawan dan Putera-Puteri TNI-Polri (FKPPI) Cabang 1327 Sumenep itu berlangsung meriah dan berhasil menyedot animo masyarakat luas.

Festival Musik Tong-tong se Madura 2023 dibuka dan dilepas Wakil Bupati Sumenep, Hj Dewi Khalifah di area Taman Bunga Potre Koneng. Dalam sambutannya, dia menyebut, bahwa musik tong-tong merupakan salah satu tradisi klasik yang diwariskan turun-temurun.

“Sehingga seluruh elemen di Madura khususnya Kabupaten Sumenep melestarikan warisan budaya dan tradisi agung yang sangat bernilai tinggi ini,” ujarnya.

Wakil kepala daerah yang akrab disapa Nyai Eva itu mengatakan, seluruh elemen penting menjaga warisan leluhur, agar tradisi, budaya, dan kesenian di Madura tetap lestari. “Pemerintah Kabupaten Sumenep sebagai langkah nyata mempertahankan kebudayaan ini, mengagendakan festival musik tong-tong di kalender event setiap tahun, berkerja sama dengan FKPPI Cabang 1327 Sumenep,” tuturnya.

Diharapkan, penyelenggaraan festival musik tong-tong terus lebih baik dari tahun ke tahun. Hal itu dilakukan agar masyarakat bisa menyaksikan dan menikmati kesenian musik tong-tong khas Pulau Garam.

“Termasuk juga kegiatannya berefek kepada perekonomian daerah seperti pelaku UMKM dan Pedagang Kreatif Lapangan (PKL),” pungkasnya.

Baca juga:  Peringatan HANI 2023 di Sumenep Dimeriahkan Belasan Grup Musik Tong-tong

Sebagai tambahan informasi, Festival Musik Tong-tong se Madura 2023 digelar dalam rangka memperingati Hari Jadi ke 754 Kabupaten Sumenep. Festival ini diikuti 40 grup yang berasal dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan dan Sampang. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya DI SINI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto