24 Rumah Rusak dan 2 Orang Alami Luka Akibat Puting Beliung

0
67
Puting beliung sumenep
Kondisi rumah warga yang diterjang puting beliung di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Puluhan rumah warga Desa Talang, Kecamatan Saronggi, Kabupaten Sumenep, diterjang angin puting beliung. Tepatnya di Dusun Ares Temor pada Senin (10/2/2020) kemarin siang sekitar pukul 12:00 WIB.

Kasubag Humas Polres Sumenep, AKP Widiarti menyebutkan, peristiwa tersebut berawal dari kondisi awan mendung. Kemudian muncul pusaran angin dari arah utara menuju arah selatan.

“Akibatnya mengenai rumah warga dan terdapat beberapa korban jiwa,” ungkapnya, Selasa (11/2).

Dalam peristiwa ini sedikitnya terdapat dua korban yang mengalami luka ringan dan 24 rumah mengalami kerusakan. Adapun dua korban yakni, Sarinya (75) mengalami luka pada bagian pipi dan telinga kiri karena dijatuhi asbes rumah. Sedangkan Zahra (61) mengalami luka pada bagian betis kanan akibat potongan kayu yang terlempar oleh angin.

Adapun daftar 24 nama korban yang mengalami kerusakan rumah bagian atap sebagai berikut:

  1. Asmaye,
  2. Hasan Basri,
  3. Zairul Imam,
  4. Yasir Widodo,
  5. Supardi,
  6. Moh. Kasdu,
  7. Arjoyo,
  8. Purasid,
  9. Mahfud,
  10. Masdur,
  11. Sa’datun,
  12. Subroto,
  13. Ahmad Rudi,
  14. H. Moh. Hasyim,
  15. Joko Santoso,
  16. Bahar Iryadi M,
  17. Supriyadi,
  18. Hendriyanto,
  19. Dawi Mo Biya,
  20. Esmak,
  21. Sunni,
  22. Bura’e,
  23. Rismani, dan
  24. Aliya.

Terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumenep, Rahman Riadi mengaku, pihaknya telah menjalin komunikasi dan bekerjasama dengan beberapa pihak untuk melakukan pembersihan puing-puing reruntuhan rumah. “Kami dengan Polsek setempat dan perangkat desa bekerjasama untuk gotong royong melakukan pembersihan terhadap rumah yang mengalami kerusakan,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan bantuan terhadap korban puting beliung berupa sembako dan terpal, guna meringankan beban para korban. “Semoga (bantuan) ini bisa bermanfaat dan untuk bantuan uang stimulan akan disusulkan setalah proses administrasi dari desa selesai,” tuturnya.

Selain dari BPBD Sumenep, bantuan juga datang dari Dinas Sosial (Dinsos), dan Wakil Bupati Sumenep, Achmad Fauzi, yang pada saat itu meninjau lokasi tempat kejadian.

“Alhamdulillah, kami sudah kerahkan bantuan kepada para korban,” terang Kepala Dinsos Sumenep, Moh. Iksan. (MR/MH)