Warga Paninggin, Sumenep Kompak Membuat ‘Dhindhing Areh’

0
56
'Dhindhing Areh'
Kompak: Warga membuat 'Dindhing Areh'. (Foto: MR/MI)

maduraindepth.com – Sejumlah warga Dusun Paninggin, Desa Giring Barat, Kecamatan Manding, Kabupaten Sumenep yang tergabung dalam kelompok ‘Kompolan RT’ tampak kompak menggelar kegiatan gotong royong. Kali ini, kegiatan sosial tersebut membuat ‘Dhidhing Areh’.

Ketua RT Dusun Paninggin, Slamet mengatakan, tujuan digelarnya kegiatan gotong royong tersebut untuk mempererat persaudaraan dengan warga sekampung.

Menurutnya, kegiatan sosial semacam ini memang menjadi keharusan untuk diikuti oleh warga Paninggin. Sebab, lanjut Slamet, melalui kegiatan sosial ini warga bisa menikmati indahnya kehidupan bermasyarakat.

“Kita lakukan gotong royong sebab kita tidak akan hidup sendiri, melainkan bermasyarakat,” ucapnya kepada Madura Indepth, Ahad (30/6/2019).

Diakui Slamet, sebagai ketua RT di kampungnya, dia selalu menghimbau kepada masyarakat setempat agar senantiasa menjaga solidaritas di desanya.

“Saya sebagai RT selalu menghimbau agar masyarakat setempat selalu meluangkan waktu untuk menjaga kekompakan Desa, salah satunya dengan gotong royong ini,” terangnya.

Sekedar diketahui, dalam satu bulan kegiatan gotong royong biasanya dilakukan dua kali. Seperti kerja bakti dan membuat ‘Dhindhing Areh’ yang tampak dalam kegiatan kali ini.

Sementara ‘Dhindhing Areh’ sendiri merupakan istilah Madura. Biasanya ‘Dhindhing Areh’ ini digunakan sebagai penutup liang lahat. (MR/MH)