Tingkatkan Kualitas Madrasah, PGMI Pulau Mandangin Gelar Proker

Guru Madrasah di Pulau Mandangin saat rapat membahas program kerja PGMI Pulau Mandangin periode 2020-2022. (FOTO: AW/MI)

maduraindepth.com – Persatuan Guru Madrasah Indonesia (PGMI) Pulau Mandangin mengadakan Program Kerja (Proker) sebagai upaya menampung program unggulan dari Madrasah se-Pulau Mandangin. Bertempat di Madrasah Tsanawiyah (MTS) Sirojul Mustofa, Dusun Candin, Desa Pulau Mandangin, Sampang, acara itu diikuti oleh seluruh pengajar Madrasah se -Pulau Mandangin.

Ketua PGMI Pulau Mandangin Sawari mengatakan, bahwa acara yang berlangsung selama satu hari itu bertujuan untuk mengumpulkan aspirasi sebagai program unggulan yang membawa Madrasah se-Pulau Mandangin menjadi lembaga yang handal dan bermartabat.


“Jelas, tujuan dari proker ini sebagai landasan untuk menemukan ide dan program unggulan kedepannya, supaya madrasah menjadi lebih berkualitas lagi”, terangnya kepada maduraindepth.com, Selasa (24/11).

Sawari juga menambahkan, bahwa dalam acara tersebut juga bertujuan sebagai landasan utama untuk kedepannya bahwa, madrasah tak hanya dianggap sebagai alternatif utama namun harus menjadi pilihan utama bagi masyarakat Mandangin dalam lingkup pendidikan.

“Aspirasi serta program unggulan yang didapat nantinya bisa bermanfaat bagi madrasah, serta menjadi lembaga pilihan masyarakat, ” tambahnya.

Lebih lanjut, pada kesempatan itu Sawari juga menyinggung terkait metode pembelajaran saat ini, bahwa dalam melangsungkan kegiatan belajar mengajar pihaknya lebih menyesuaikan pada kondisi yang ada, bagaimana belajar daring (Online) perlu diterapkan sebagai upaya untuk menunjukkan kemajuan.

Baca juga:  Rp 2 Miliar Anggaran Alkes di Bangkalan Dipangkas

”Ia, karena eranya digital apalagi masih pandemi maka PGMI Pulau Mandangin mengupayakan dalam proses belajar mengajarnya menggunakan digital,” ungkapnya.

Di lain pihak, salah satu guru pengajar di MTs Sirojul Mustofa, Muhammad Fadli Imam mengatakan bahwa acara tersebut diselenggarakan sebagai upaya untuk menyusun program unggulan PGMI bagi seluruh Madrasah yang akan dikerjakan di tahun 2020 sampai 2022 mendatang.

“Rapat kerja ini dioptimalisasikan untuk tetap bersinergi seluruh madrasah di Pulau Mandangin, agar program yang sudah dirancang berjalan dengan baik serta menjadikan madrasah lebih unggul dan hebat”, ungkap Fadli.

Fadli juga berharap kedepannya PGMI tetap berjalan, serta menjadi lembaga yang mempu menampung setiap aspirasi dari Madrasah Pulau Mandangin serta sebagai lembaga unggulan yang diminati masyarakat.

“Semoga program unggulan ini bersama PGMI menjadikan Madrasah se-Pulau Mandangin berkualitas, baik dari siswanya maupun tenaga pengajarnya, serta menjadi lembaga diminati,” harapnya (Mi-4/AW)