Tangkal DBD, Puskesmas Waru Lakukan Fogging di Sekeliling Rumah Warga

1
35
Tangkal DBD Pamekasan
FOGGING: Petugas saat melakukan pengasapan di sekeliling rumah warga. (Foto: RUK/MI)

maduraindepth.com – Guna menangkal demam berdarah dengue (DBD), Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Waru bersama Koramil 0826/10 melakukan fogging atau pengasapan. Fogging sendiri dilakukan di sekeliling rumah warga di Dusun Lembenan, Desa Waru Timur, Kecamatan Waru, Kabupaten Pamekasan, Jumat (3/1/2020).

Kader Jumantik Puskesmas Waru, Ibu Yayak menerangkan, Fogging merupakan salah satu metode dalam pemberantasan sarang nyamuk DBD pada saat musih hujan. Fogging yang dilakukan kali ini menggunakan dosis menengah.

“Tujuannya untuk memberantas nyamuk dewasa, atau yang sudah bisa terbang berpindah,” jelasnya.

Sementara itu, Babinsa Waru Timur Serma Sunaedi mengemukakan, pihaknya membantu Puskesmas Waru dalam melakukan Fogging agar pelaksanaannya berjalan lancar. Disamping itu, pihaknya juga menghimbau masyarakat agar waspada terhadap ancaman DBD.

Selain itu, pihaknya juga mengajak masyarakat agar mengecek di sekeliling rumah dan lingkungan yang berpotensi menjadi sarang nyamuk DBD. “Pastikan tidak ada genangan air karena dari genengan air itu nyamuk dapat berkembang biak,” tandasnya. (RUK/MH)