Antisipasi DBD, Dinkes Sampang Lakukan Fogging

DBD
Dinkes Sampang saat melakukan fogging di Perum Permata Selong, Kelurahan Gunung Sekar, Kecamatan Sampang. (FOTO: Arif Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Penularan Demam Berdarah Dengue (DBD) kerap kali terjadi pada musim penghujan. Guna mencegahnya Dinas Kesehatan (Dinkes) bersama tim Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sampang melakukan fogging di sejumlah tempat, Ahad (31/1).

Tempat-tempat yang di-fogging diantaranya perumahan (Perum) Selong Permai dan Perum Permata Selong, Kelurahan Gunung Sekar. Kemudian perkampungan di Jalan Keramat dan seputaran Jalan Rajawali, Kelurahan Karang Dalam.


Selain itu, fogging juga dilakukan di Dusun Tambengan, Desa Gunung Maddah, Pondok Pesantren (Ponpes) Al Haramain dan Pendopo Trunojoyo.

Kasi Bidang pengendalian dan pemberantasan penyakit (P2P) Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (DKKB) Kabupaten Sampang Syamsul Hidayat mengatakan, pihaknya bersama PMI telah melakukan fogging di sejumlah tempat di Kecamatan Kota Sampang.

Selain itu, Kata Syamsul, upaya pencegahan DBD dengan melakukan fogging juga dilakukan di Kecamatan Torjun dan akan berlanjut di kecamatan lainnya di Kabupaten Sampang.

“Untuk di Kecamatan Torjun lokasinya sementara ini masih di Jalan Raya Krampon, ada juga di Desa Apaan, Kecamatan Pengarengan,” kata Syamsul.

Sekedar diketahui, DBD disebabkan oleh infeksi virus yang paling sering ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes aegypti. Tak hanya mengintai di musim hujan, bila lingkungan terdapat genangan air yang merupakan tempat favorit nyamuk untuk berkembang biak, demam berdarah bisa saja menghampiri. (RIF/MH)