banner auto

Tahun 2022, Nilai Ekspor Migas, Pertambangan, dan Pertanian di Jatim Alami Kenaikan

Nilai Ekspor di Jatim
Ilustrasi Ekspor. (IST)

maduraindepth.com – Nilai ekspor pada sejumlah sektor di Jawa Timur (Jatim) mengalami kenaikan pada tahun 2022. Kenaikan nilai ekspor itu di antaranya sektor minyak bumi dan gas (Migas), pertambangan, dan pertanian.

Berdasarkan catatan Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Timur (BPS Jatim), nilai ekspor di September 2022 mengalami kenaikan di beberapa sektor. Baik dalam perhitungan bulan ke bulan terhitung September 2022 terhadap Agustus 2022, maupun secara hitungan tahun ke tahun terhitung September 2022 terhadap September 2021.

Dilansir dari laman resmi BPS Jatim pada 19 Oktober 2022, tercatat untuk ekspor sektor migas mengalami peningkatan dari hitungan bulan ke bulan sebesar 31,46 persen. Sedangkan dari tahun ke tahun kenaikannya mencapai 41,06 persen.

Kemudian, untuk ekspor pertanian, secara hitungan bulan ke bulan tercatat mengalami kenaikan sebesar 6,89 persen, dan hitungan tahun ke tahun kenaikannya mencapai 8,65 persen. Sementara itu, untuk sektor industri pengolahan dari bulan ke bulan mengalami penurunan sebesar 6,06 persen. Namun, di sisi lain, berdasarkan hitungan tahun ke tahun, sektor ini mengalami peningkatan sebesar 0,38 persen.

“Sedangkan ekspor pertambangan dan lainnya secara m-to-m (Bulan ke bulan) naik 3,89 persen dan secara y-on-y (Tahun ke tahun) juga naik 42,11 persen,” tukas Kepala BPS Jatim, Dadang Hardiwan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto