Sumenep Run 10K 2019 Sukses, 2020 Pemkab Canangkan Skala Nasional

0
129
Busyro Karim, Bupati Sumenep saat menyerahkan hadiah kepada juara 1, pelari asal Kenya. (Foto: Istimewa)

maduraindepth.com – Dalam rangka Hari Bakti Pekerjaan Umum 2019, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menggelar event Sumenep Run 10K 2019, Ahad (22/12). Even yang memperebutkan total hadial Rp 20 juta ini berlangsung meriah dan spektakuler.

Sumenep Run 10K 2019 diikuti ratusan peserta dari berbagai daerah. Bukan hanya dari Indonesia, peserta bahkan berasal dari luar negeri. Start lomba yang dimulai pukul 05.00 WIB terlihat sudah dipadati para peserta.

Ratusan peserta yang mengikuti Sumenep Run 10K 2019 memang diketahui ada beberapa Atlet dari berbagai daerah di Indonesia, termasuk Atlet luar Negeri pun ikut ambil bagian dari rangkaian kegiatan Visit Sumenep 2019 ini.

Sembilan ratus peserta Sumenep Run 10K dilepas oleh Bupati Sumenep, Busyro Karim, dari Labang Mesem Keraton Sumenep, menuju Femaru Hill Lingkar Utara, Desa Kebunan Kecamatan Kota.

Pantauan maduraindepth.com di arena perlombaan para peserta antusias mengikuti lari maraton. Terlihat beberapa Kepala Dinas (Kadis) tengah mengambil foto bersama. Sedangkan para peserta lainnya, seperti peserta dari Kenya berbaur dengan peserta lomba lainnya.

Kepala Dinas PU Bina Marga Sumenep, Eri Susanto menyampaikan, terdapat sembilan ratus peserta lebih yang mendaftar. Pihaknya berharap, event tersebut bisa berdampak pada peningkatan kunjungan wisata ke Sumenep.

“Diikuti oleh peserta dari luar Kota, bahkan luar negeri. Tentu acara ini juga akan berdampak pada peningkatan perekonomian masyarakat di Sumenep,” kata dia, dalam sambutannya didepan peserta lomba dan masyarakat setempat.

Para peserta, lanjut Eri Susanto, juga diharapkan tidak hanya sekedar mengikuti gelaran Sumenep Run 10 K 2019. Namun, juga bisa menikmati ragam destinasi wisata dan kuliner yang ada di Kota Keris.

”Karena banyak wisata bagus di Sumenep. Mumpung ada di Sumenep sekalian manfaatkan untuk liburan,” ajak Eri Susanto kepada peserta luar Madura.

Uniknya, dalam lomba maraton ini, juga terlihat ada satu peserta yang masih kanak-kanak. Semua mata penonton tak henti-hentinya menatap anak tersebut, baik di garis start maupun finish.

“Tanpa merasa canggung apalagi takut, anak itu memang ikut mendaftar. Dia termuda dalam kepesertaan Event Sumenep Run 10 K 2019 ini,” ungkap Syaiful Anwar, panitia pelaksana pada awak media.

Selanjutnya Anwar menjelaskan bahwa, peserta bernama Ezar Asfa Ariyanto dengan nomor dada 0596 tersebut masih tercatat sebagai siswa kelas II Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) Al-Hidayah Sumenep.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Busyro Karim, mengakui bahwa sebagai rentetan visit Sumenep 2019 lomba maraton tersebut sangat besar.

“Pagelaran ini sangat hebat, bahkan peserta tiap provinsi hadir ke Sumenep. Ini bentuk lomba olahraga yang bagus untuk diadakan tahun depan,” papar dia pada awak media.

Tak hanya itu, Bupati dua periode ini juga menargetkan tahun depan akan melaksanakan lomba lari maraton berskala nasional. “Tentu harus diadakan lagi, dengan rute yang berbeda dan menantang. Rencananya dari pantai Lombang ke Slopeng,” ucapnya.

Berikut daftar pemenang lomba Sumenep Run 10 K 2019 :

Putra

Juara I, nomor dada 0530 : Bernard Kiplangat (Kenya)

Juara II, nomor dada 0211 : Romario Daloma (Sulawesi)

Juara III, nomor dada 0139 : Mursalim (Jayapura)

Putri

Juara I, nomor dada 0274 : Sintia Bella (Sumenep)

Juara II, nomor dada 0873 : Dwi Rahmah (Sumenep)

Juara III, nomor dada 0874 : Im Roatus Sofiatul (Sumenep). (MR/AJ)