SKK Migas Petronas Carigali Sosialisasi Pengeboran Sumur Eksplorasi Hidayah-1

Pengeboran Sumur Eksplorasi Hidayah-1 SKK Migas Petronas Sampang
Sosialisasi kegiatan pengeboran sumur eksplorasi hidayah - 1 di Pendopo Trunojoyo, Sampang, Madura, Jawa Timur. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) melakukan sosialisasi Kegiatan Pengeboran Sumur Eksplorasi Hidayah-1 Petronas Carigali (PC) North Madura II Ltd. Kegiatan ini dilaksanakan di Pendopo Trunojoyo Rabu (16/9).

Rombongan SKK Migas dan Petronas disambut oleh Wakil Bupati Abdullah Hidayat, Forkopimda dan sejumlah tokoh masyarakat dari wilayah yang terdampak eksplorasi Hidayah-1. Yakni dari Kecamatan Sokobanah dan Kecamatan Banyuates.


Tak luput, para nelayan dari desa terdampak dan himpunan nelayan seluruh Indonesia Kabupaten Sampang yang diwakili oleh Sudarto juga tampak hadir dalam kesempatan tersebut.

Kepala Perwakilan SKK Migas Jabanusa, Nur Wahyudi mengatakan, kegiatan tersebut penting dilaksanakan. Tujuannya, kata dia, untuk memberi kontribusi pendapatan negara dan pendapatan asli daerah (PAD).

“Karena itu, kami dari eksplorasi Migas dan KKKS, khususnya dari Petronas mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak ibu sekalian hang selama ini telah mendukung dan mensupport,” ucap dia dalam sambutannya.

Wahyudi menjelaskan, industri Migas merupakan reduksi bersama antara pemerintah pusat, daerah dan masyarakat sendiri. Kemudian dia sesumbar dengan berjanji akan melaksanakan program pemberdayaan masyarakat.

Dia mengklaim, saat ini ada beberapa program pengembangan masyarakat yang masih dalam proses. Dia berjanji, program pemberdayaan tersebut akan disahkan pada tahun 2020 ini.

Baca juga:  Workshop CSR Kemigasan, Wabup Sumenep: Setidaknya Mengurangi Segala Persoalan

“Daerah operasi distribusi gas kami juga sedang merencanakan program-program CSR untuk tahun 2021,” ucap dia.

Dia menjelaskan, sosialisasi yang dilakukan tersebut merupakan kegiatan untuk mencari minyak di Kabupaten Sampang. Kedepan, pengeboran sumur eksplorasi hidayah-1 tersebut akan memiliki prospek terkait dengan cadangan minyak dan gas (Migas).

“Semoga kegiatan eksplorasi ini dapat menghasilkan penemuan cadangan-cadangan minyak dan gas baru yang nantinya akan berdampak juga pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Sampang,” tandasnya.

Sementara itu, Wabup Abdullah Hidayat menyambut baik sosialisasi pengeboran sumur eksplorasi Hidayah-1 PC North Madura II Ltd tersebut. Dia berharap pengeboran bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Pertronas Carigali merupakan kontraktor bidang eksplorasi Migas yang lama beroperasi di wilayah Kabupaten Sampang,” ujarnya.

Orang nomor dua di Sampang itu berharap, SKK Migas bisa merealisasikan janji-janjinya seperti telah menyiapkan CSR tahun 2020 dan 2021. Sehingga pengeboran sumur eksplorasi Hidayah-1 ini manfaatnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

“Mudah-mudahan ini bisa berguna bagi masyarakat yang terdampak. Tentunya berguna bagi Kabupaten Sampang untuk membawa Sampang hebat bermartabat,” pungkasnya. (RIF/MH)