Rayakan Hari Jadi Sampang, Bupati dan Forkopimda Ziarah Ke Makam Rato Ebuh

Hari Jadi Sampang
Bupati dan Forkopimda Sampang saat melakukan ziarah dan menabur bunga di Makam Rato Ebuh, Jalan Mangkubumi, Kampung Madegen, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Rabu (23/12). (FOTO: RIF/MI).

maduraindepth.com – Dalam rangka menyambut Hari Jadi (Harjad) Kabupaten Sampang ke – 397, Bupati Sampang H. Slamet Junaidi bersama Wakil Bupati Sampang H. Abdullah Hidayat beserta Forum Komunikasi Pimpinan Kepala Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sampang lakukan ziarah ke makam Rato Ebuh, Jalan Mangkubumi, Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Rabu (23/12).

Dalam peringatan Harjad kali ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sampang menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan cara yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Salah satunya dengan menggunakan pakaian adat Madura sejak tanggal 21-23 Desember dan menggunakan bahasa Madura.


Selain itu, dalam peringatan Harjad Sampang ke – 397 di tengah pandemi kali ini, pemerintah daerah hanya melakukan doa bersama di beberapa lokasi makam bersejarah yang berada di Kota Bahari.

Bupati Sampang H. Slamet Junaidi menyampaikan, dalam momen hari jadi kali ini pihaknya selaku kepala daerah berupaya untuk meningkatkan apresiasi nilai budaya.

Hari Jadi Sampang
Bupati dan Forkopimda Sampang saat ziarah dan menabur bunga di Makam Bupati Pertama di Jalan Mangkubumi, Kampung Madegen, Kelurahan Polagan Kecamatan Sampang, Kabupaten Sampang, Rabu (23/12). (FOTO: RIF/MI)

“Tentunya sudah kami lakukan sejak tanggal 21-23 ini dengan pakaian adat Madura dan berbahasa menggunakan bahasa Madura, tentunya Sampang,” katanya.

Ia juga mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada organisasi perangkat daerah untuk meningkatkan nilai budaya dan sejarah yang ada di Kabupaten Sampang. Salah satunya dengan menjaga dan merawat makam para leluhur.

“Kali ini kami melakukan ziarah di makan rato ebuh dan bupati pertama di Kabupaten Sampang,” tandasnya. (RIF/MH)