Raperda Perubahan RPJMD Sampang 2019-2024 Resmi Ditetapkan, DPRD Rekomendasikan Lima Program Tambahan

Rpjmd sampang 2019-2024
Ketua DPRD Sampang bersama Bupati Slamet Junaidi dan wakilnya Abdullah Hidayat saat menandatangani pengesahan laporan Pansus Perubahan RPJMD 2019-2024, Kamis (18/11). (FOTO: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sampang menggelar sidang paripurna dengan tiga agenda sekaligus. Yakni tentang penyampaian laporan panitia khusus (Pansus) perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024, penetapan Program Pembentukan Peraturan Daerah (Propemperda) tahun anggaran 2022 dan persetujuan bersama terhadap Raperda RPJMD 2019-2024.

Rapat yang dipimpin Ketua DPRD Fadol tersebut dihadiri langsung oleh Bupati Slamet Junaidi beserta wakilnya Abdullah Hidayat, Sekda Yuliadi Setiawan, Forkopimda, kepala OPD, camat, pimpinan komisi dan anggota wakil rakyat. Kegiatan berlangsung di Graha Paripurna DPRD Sampang, Kamis (18/11) kemarin.


Dalam rapat itu, Agus Khusnul Yakin menyampaikan rekomendasi hasil pembahasan Pansus perubahan RPJMD 2019-2024. Ada lima program tambahan yang harus dilaksanakan oleh eksekutif. Berikut rinciannya:

1. Mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing,
2. Meningkatkan ekonomi daerah dan pedesaan melalui pengembangan destinasi pariwisata dan ekonomi kreatif yang melibatkan sumber daya yang ada,
3. Meningkatkan infrastruktur yang berkualitas transparan dan berkelanjutan,
4. Meningkatkan tata kelola pemerintahan daerah dan desa yang transparan dalam pelayanan publik,
5. mewujudkan harmonisasi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara agar terwujud struktur sosial yang baik dan berkemanusiaan.

Ketua DPRD Sampang Fadol menyampaikan, lima rekomendasi itu harus ditindaklanjuti oleh eksekutif sebagai materi penyempurnaan Raperda tentang perubahan RPJMD 2019-2024.

Baca juga:  Pelaku Penganiayaan di Pamekasan Dijerat Empat Tahun Penjara

Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu berharap perubahan RPJMD dapat meningkatkan PAD. Disisi lain, melalui rekomendasi itu pemerintah daerah juga diharapkan bisa memulihkan ekonomi masyarakat terdampak pandemi Covid-19.

“Kami juga berharap penetapan Propemperda tahun anggaran 2022 sesuai dengan keinginan masyarakat dengan mewujudkan visi-misi pak bupati menuju Sampang hebat bermartabat,” pungkasnya. (Alim/MH)