Puting Beliung Rusak Puluhan Rumah Warga di Sumenep

Petugas berada di lokasi terdampak bencana angin puting beliung di Desa Karanganyar, Kalianget, Sumenep, Minggu (3/1). (Foto: Badri S/MI)

maduraindepth.com – Angin puting beliung menghantam puluhan rumah warga di Desa Karanganyar, Kecamatan Kalianget, Sumenep, Minggu (3/1). Akibat bencana alam tersebut, sebanyak 34 rumah mengalami kerusakan.

Puting beliung menerjang desa yang menjadi salah satu wilayah penghasil garam tersebut sekitar pukul 13.00. Pada saat yang bersamaan hujan deras melanda sejumlah titik di Kota Keris. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut.


Kasubbaghumas Polres Sumenep AKP Widiarti menjelaskan, kejadian angin puting beliung itu mengakibatkan beberapa rumah warga yang mengalami kerusakan pada bagian atap rumah. Tepatnya di Dusun Palebunan.

“Puluhan rumah terdampak puting beliung mengalami kerugian materil,” ungkapnya.

Diterangkan, kejadian bermula saat cuaca mendung tebal menyelimuti wilayah Desa Karanganyar. Kemudian terjadi pusaran angin puting beliung yang mengarah pada pemukiman penduduk disertai hujan lebat.

Mantan Kapolsek Kota Sumenep itu menambahkan, petugas dari unsur TNI-Polri langsung mendatangi lokasi usai bencana terjadi. Termasuk membantu warga membersihkan serpihan atap rumah dan genting yang berjatuhan.

“Kerugian materil ditaksir total mencapai sekitar Rp 38 juta. Alhamdulillah tidak ada korban jiwa,” pungkasnya. (*)