PPDB SMA Terapkan Sistem Zonasi, Begini Petunjuk Teknisnya

Siswa kelas akhir SMA mengikuti ujian UNBK.

maduraindepth.com – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMA 2019 di Pamekasan, mulai berlangsung. Lembaga SMA di wilayah perkotaan banyak didatangi pelajar yang baru lulus SMP. Mereka mengurus nomor PIN pendaftaran.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMA Pamekasan Moh Arifin mengatakan, di Pamekasan terdapat sembilan lembaga melangsungkan PPDB. Kesembilan lembaga tersebut dipastikan juga banyak didatangi pendaftar.


Menurut Arifin, terdapat empat zonasi di wilayah pengawasannya dengan sembilan lembaga. Di antaranya, zona satu meliputi, SMA 1 Pakong, dan SMA 1 Waru. Daerahnya meliputi Kecamatan Palengaan, Waru, Pegantenan, Pakong, Batumarmar, dan Pasean.

“Zona dua, SMA 2 Pamekasan, SMA Galis, dan SMA Pademawu. Daerahnya meliputi Kecamatan Pademawu, Larangan, Kadur, dan Galis,” lanjut Arifin.

Kemudian di zona tiga meliputi, SMA 3 dan 5 Pamekasan. Daerahnya masuk Kecamatan Kota dan Tlanakan. Sementara zona empat meliputi SMA 3 dan 4 Pamekasan. Daerahnya masuk Kecamatan Palengaan, Proppo, dan Kota.

Dia menjelaskan, siswa pendaftar bebas memilih jalur PPDB. Pemerintah menyediakan dua jalur, di antaranya jalur reguler dan prestasi. Bedanya, kata Arifin, jalur reguler tidak bisa bersekolah di luar zona yang sudah ditentukan.

“Kalau jalur prestasi bebas memilih sekolah mana,” ungkap Arifin.

Dua jalur tersebut, ungkap Arifiin, persyaratannya pun berbeda. Jalur reguler persyaratannya meliputi Kartu Keluarga dan Nomor UN Kelulusan SMP. Sementara untuk jalur prestasi tinggal melengkapi dokumen keterangan prestasi.

Baca juga:  Impian Ketua MKKS SMA Pamekasan di Bulan Suci Ramdhan

“Silakan daftarkan selama pembukaan masih dibuka. Terakhir sampai tanggal 17 Juni,” ujar Arifin.

Septy Ayu Diah Paramita (15) pendaftar PPDB SMA mengatakan, pendaftaran PPDB tersebut melalui sistem online. Untuk bisa masuk sebagai pendaftar SMA, harus melengkapi persyaratan.

Siswa lulusan SMP 5 Pamekasan tersebut datang ke SMA 4 Pamekasan dalam rangka mengambil PIN pendaftaran. Dia memilih SMA 1 dan 3 Pamekasan. “Alhamdulillah tidak ribet, cuma untuk mengambil PIN harus datang langsung ke sekolah,” akunya. (NR/MI)