Pemkab Dukung Pengembangan Produk dan Usaha SMK se Sumenep

Pameran produk smk sumenep
Pameran Produk 2024 SMK Swasta se Kabupaten Sumenep. (Foto: Arif/MID)

maduraindepth.com – Wakil Bupati (Wabup) Sumenep, Hj Dewi Khalifah membuka langsung Pameran Produk 2024 SMK Swasta Kabupaten Sumenep, Selasa (5/3). Selain pameran produk, acara yang digelar di Lapangan Kesenian Gotong Royong itu juga dimeriahkan dengan ragam kegiatan lainnya.

Wabup Sumenep, Hj Dewi Khalifah menyampaikan, produk kewirausahaan SMK yang sudah layak dipasarkan bisa dipromosikan di Mall UMKM Sumenep. Sehingga bisa dijangkau wisatawan. Mengingat lokasinya yang juga berada di dekat Museum dan Pendopo Keraton, Sumenep.

“Terpenting, legalitas. Kami, Pemkab Sumenep mendukung segala bentuk legalitas usaha. Insyaallah tiga hari selesai. Kalau sertifikasi halal, memang masih membutuhkan waktu,” ujarnya saat sambutan.

Meski demikian, pihaknya mengaku akan fasilitasi para pelaku usaha yang akan mengajukan sertifikasi halal. Termasuk akan memprogramkan pertemuan dengan pihak yang menangani izin dan sertifikasi produk UMKM.

“Kemudian, soal kemasan produk. Kami amati, sepertinya kemasan produk masih tidak berubah. Sehingga perlu ada sentuhan inovasi lagi,” tuturnya.

Selain itu, Pemkab Sumenep, lanjut dia, telah menetapkan agar semua pasar modern seperti Indomart dan Alfamart untuk menyediakan rak khusus UMKM. Oleh karena itu, kebijakan tersebut harus dimanfaatkan dengan baik.

“Dengan catatan, sudah memiliki izin usaha, bersertifikat halal, dan kemasannya juga menarik,” jelasnya.

Menurut dia, menjadi enterpreneur sejati harus siap untuk mengembangkan usahanya. Siap dengan segala resikonya.

Baca juga:  Peserta Membludak, Madurock Hibur JJC Sumenep

Sehingga, pihaknya berharap, bagi yang punya produk unggulan di SMK, fokuskan produk usahanya. Produknya dipastikan berkualitas, kemasannya diperbaiki, pemasarannya diperluas, dan terus dikembangkan.

“Yang terpenting terus berkoordinasi. Agar terjalin kerjasama antara pemerintah daerah dan SMK yang memiliki produk usaha unggulan. Semoga SMK se Kabupaten Sumenep semakin jaya,” pungkasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto