Pelabuhan Taddan Akan Dihibahkan Kepada Pemkab Sampang

Pelabuhan Taddan
Kapal saat sandar di Pelabuhan Taddan. (FOTO: Alimuddin/MiD)

maduraindepth.com – Pelabuhan Taddan diwacanakan akan dihibahkan untuk dikelola oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sampang. Namun hingga kini, pelabuhan yang berlokasi di Desa Taddan, Kecamatan Camplong itu masih dikelola oleh Kementerian Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Laut (Hubla) Dishub Sampang, Iwan Heri Susanto menerangkan, wacana hibah untuk mendongkrak pendapatan asli daerah (PAD). Namun sampai saat ini belum ada kepastian.

“Kami belum terima secara resmi, apalagi banyak hal yang harus dibenahi,” terangnya, Kamis (6/4).

Sebelumnya, pada Agustus 2022 lalu Kemenhub Jatim juga telah menghibahkan Pelabuhan Tanglok yang berlokasi di Jalan Diponegoro. Saat ini pelabuhan itu sudah resmi menjadi aset pemerintah daerah.

“Ke depan Pelabuhan Taddan Sampang ini bisa dikembangkan menjadi pelabuhan laut, guna mendukung peningkatan aktivitas bongkar muat barang, maupun penumpang,” terangnya.

Iwan menambahkan, rencananya bila Pelabuhan Taddan Sampang sudah dialihkan, maka akan diperpanjang dan dibesarkan pembangunan. Tujuannya agar bisa digunakan untuk bongkar barang dan penumpang serta akan ditambah fasilitas umum lainnya.

“Keinginan itu belum bisa direalisasikan dalam waktu dekat, karena surat permohonan hibah pelabuhan Taddan baru dilayangkan ke pemerintah pusat,” pungkasnya. (Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto