Peduli Penghijauan, Forkopimda Sampang Tanam Seribu Pohon

0
38
Forkopimda saat melakukan penanaman pohon. (Foto: RIF/MI)

maduraindepth.com – Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kabupaten Sampang menggelar apel bersama penanaman pohon di Dusun Tase’an, Desa Pasean, Kecamatan Sampang, Jum’at (10/1/2020). Peduli penghijauan ini dilaksanakan dalam rangka hari lingkungan hidup Indonesia tahun 2020.

Turut terlibat dalam penanaman pohon di lokasi sekitar daerah aliran sungai (DAS) itu Forkopimda bersama beberapa instansi perangkat daerah. Diantaranya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sampang dan Dinas Kesehatan (Dinkes) setempat, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) selaku pelaksana. Kemudian Dinas Pertanian, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispenduk Capil), Dinas Sosial, Camat Sampang, serta Wilayah Kerja (Wilker) Kehutanan Kabupaten Sampang Cabang Dinas Kehutanan Wilayah Sumenep.

Sementara apel bersama dipimpin oleh Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Sampang, Yuliadi Setiawan mewakili Bupati Slamet Junaidi.

“Hari ini merupakan salah satu kebersamaan dimana bahwa kelestarian lingkungan hidup merupakan sebuah hal penting dalam menjaga lingkungan. Karena dengan melestarikan lingkungan salah satu cara untuk mencegah terjadinya bencana banjir,” tutur Yuliadi Setiawan.

Lanjut Wawan, Sapaan akrab Yuliadi Setiawan mengatakan, kelestarian lingkungan juga merupakan salah satu bentuk upaya untuk keberlangsungan hidup masyarakat. Karena dengan penanaman ini diharapkan dapat menjadi serapan air sehingga meminimalisir terjadinya bencana.

“Khususnya keberlangsungan hidup bagi anak cucu kita,” ucapnya.

Wawan menyebutkan, sedikitnya ada seribu pohon yang ditanam dalam kegiatan tersebut. “Seribu bibit pohon tersebut dibagi ke 14 kecamatan di Kabupaten Sampang,” bebernya. (RIF/MH)