Launching BPNT, Wabup: Sampang Paling Siap Dibanding Kabupaten Lain

Wakil Bupati Sampang, H Abdullah Hidayat memberikan sambutan pada Launching program BPNT.

maduraindepth.com – Wakil Bupati (Wabup) Sampang H. Abdullah Hidayat kemarin (13/3), membuka program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) di Desa Daleman, Kecamatan Kedungdung, Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur.

Penyaluran BNPT berupa Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) ini diberikan kepada perwakilan Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Dimana dengan kartu KKS ini KPM bisa membeli bahan pangan di Warung Gotong Royong elektronik (e-Warong) yang telah ditunjuk BRI di desa setempat sebagai pengganti beras sejahtera (Rastra).


Wabup H. Abdullah Hidayat menjelaskan program BPNT ini merupakan terobosan pemerintah pusat. Kabupaten Sampang kata dia merupakan Kabupaten yang paling siap penyalurannya dibandingkan Kabupaten lain di Madura.

“Ini program baik pemerintah pusat dan direspon baik oleh pemerintah daerah. Sehingga di Kabupaten Sampang sendiri merupakan paling siap,” jelas pria yang akrab disapa H. Ab tersebut.

Sementara Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Sampang Moh. Amiruddin mengatakan, pihaknya tidak lagi salurkan bantuan pemerintah pusat ini secara manual. Bantuan tersebut tersalur secara otomatis ke rekening Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sebesar Rp. 110 ribu.

“Awalnya bantuan secara gratis berupa beras Rp 10 kilogram, sekarang sudah dalam bentuk kartu BPNT dengan isi saldo per bulan Rp 110 ribu”, terang Moh. Amiruddin, Rabu (13/3).

Dia melanjutkan, jumlah KPM berdasarkan data Kemensos RI di Kabupaten Sampang sebanyak 130.080, dan untuk agen e-Warung masih 1 per desa. (mi – red/aw)