Kunjungi Pulau Mandangin, Ditpolairud Polda Jatim Gelar Program Sambang Nusa

Pulau Mandangin
Kades Pulau Mandnagin saat foto bersama Ditpolairud Polda Jatim dan Kasat Polairud Polres Sampang. (Foto : Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Polairud) Polda Jatim bersama Kasat Polairud Polres Sampang menggelar program Sambang Nusa dan memberikan bantuan kepada nelayan beserta warga Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang.

Kasubdit Patroli Ditpolairud Polda Jatim, AKBP Yanuar Herlambang mengatakan, bahwa kegiatan Program Sambang Nusa tersebut memang rutin dilaksanakan dalam rangka pengawasan di wilayah perairan laut Jawa Timur. Tujuannya untuk memberikan kenyamanan dan keamanan bagi para nelayan dalam melakukan aktivitas di laut.


Yanuar berharap, seluruh peserta kegiatan Program Sambang Nusa khususnya nelayan Pulau Mandangin agar selalu mematuhi protokol kesehatan COVID-19 guna melindungi diri serta orang terdekatnya dari paparan virus Corona.

Dalam kesempatan itu, Yanuar menerangkan tentang aplikasi SI LAYAR (Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Pesisir) yang dilaunching Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa pada pertengahan November 2020 lalu. Dia mengatakan, aplikasi tersebut bisa didownload di aplikasi Play Store.

“Iya, bagi nelayan supaya dapat memanfaatkan aplikasi SI LAYAR Ditpolairud Polda Jatim yang di dalamnya terdapat 12 fitur, hal itu bisa membantu nelayan untuk beraktivitas di laut seperti fitur cuaca, alur kapal, spot ikan dan sebagainya,” terang Yanuar, Kamis (21/1).

Sementara itu Kepala Desa Pulau Mandangin, Saiful Anam menyampaikan, dalam kesempatan tersebut BABIN Sampang juga berkesempatan mensosialisasikan kesiapan masyarakat terkait vaksin COVID-19.

Baca juga:  Enam Desa di Pesisir Camplong Terima Bantuan Partisipasi HCML

“Sosialisasi itu untuk memberitahu masyarakat Pulau Mandangin, bahwa akan dilaksanakan vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Sampang, tak terkecuali di Desa Pulau Mandangin, terkait menerima atau tidak kami pasrahkan ke masyarakat,” tutupnya. (Alim/MH)