Kabar Gembira, Akhirnya Ratusan ASN Guru di Sumenep Bisa Memiliki Jabatan Fungsional

ASN guru jabatan fungsional
Bupati Sumenep saat menghadiri peringatan Hari Guru Nasional beberapa waktu lalu. (Foto: DIskominfo for MID)

maduraindepth.com – Akhirnya, ratusan Aparatur Sipil Negara ( ASN) guru yang tidak memiliki sertifikat pendidik (Serdik) di Sumenep, Madura, Jawa Timur kini bisa memiliki Jabatan Fungsional (Jafung). Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Edaran (SE) Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan,  Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi (Kemenristek) nomor 0378/B/HK.04.01/2023 tentang Pengangkatan Jabatan Fungsional Guru.

“Ini kabar baik, yang dinanti oleh para guru di Sumenep,” Kata Muhammad Suharjono, Kabid Mutasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sumenep, Kamis (26/1).

Menurut dia, banyaknya ASN yang masih belum memiliki Serdik di Indonesia menjadi atensi pemerintah pusat. Sehingga para guru bisa mendapat jabatan fungsional.

“Masih ribuan guru yang tak memiliki serdik, sehingga ini merupakan jalan keluar bagi ASN untuk bisa memiliki Jafung,” ungkapnya.

jabatan fungsional ASN guru
Puluhan guru saat mengikuti kegiatan diskusi di Coffee Story, Sumenep. (Foto: Arif/MID)

Sebelum itu, ratusan ASN di Kabupaten Sumenep tidak bisa diangkat jabatan fungsionalnya karena terbentur aturan. Para ASN guru tidak bisa diangkat karena belum memiliki Serdik yang merupakan syarat mutlak pengajuan jabatan fungsional.

“Tunggu edaran resmi dari kami, satu dua hari ini akan ada turunan edaran yang akan kami sampaikan ke Disdik untuk ditindaklanjuti,” paparnya.

Sementara, Kasi GTK Disdik Kabupaten Sumenep, Akhmad Fairusi menyambut baik informasi terkait pengangkatan jabatan fungsional ASN guru tersebut. “Kita tunggu surat edarannya, kami menyambut baik dan siap berkolaborasi,” ucapnya.

Baca juga:  Sebanyak 186 Guru Formasi PPPK 2022 di Sampang Terima SK

Di sisi lain, salah satu ASN guru di Sumenep, A Rahman menyampaikan terima kasih terkait kabar gembira tersebut. “Terima kasih banyak. Semoga Allah membalas kebaikan bapak-bapak semua,” tutupnya.

Sebagai tambahan informasi, sejumlah guru menggelar acara yang dikemas dengan kegiatan silaturahmi dan diskusi bersama. Kegiatan itu dihadiri Kabid Mutasi BKPSDM Sumenep, Kasi GTK SD, SMP dan staf Dinas Pendidikan Sumenep, dan 40 Peserta ASN angkatan 2019. Diskusi itu berlangsung di Coffee Story, Pajagalan, Sumenep. (*)

Dapatkan Informasi Menarik Lainnya Di Sini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *