Imroatun Jamilah, Gadis Asal Sampang Juarai Lomba Qiro’at Tingkat Internasional

Imroatun Jamila. (FOTO: Arief Tirtana/MI)

maduraindepth.com – Imroatun Jamilah, gadis kelahiran Sampang 11 Juli Tahun 1999, warga Jalan Mangkubumi Kelurahan Polagan, Kecamatan Sampang Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur, ini menjuarai lomba Qiro’at Tingkat Internasional.

Acara yang digelar oleh National Tektile University (NTU) Faisalabad Pakistan pada 13 Januari 2021 lalu tersebut, diikuti oleh tiga Negara. Diantaranya Pakistan, Mesir dan Indonesia. Setiap negara mendelegasikan 4 universitas pendidikan.


Iim, sapaan karib Imroatun Jamilah, peraih juara I kompetisi qiro’at tingkat Internasional itu kepada maduraindepth.com berbagi pengalaman berharganya. Menurutnya, sebenarnya dirinya suka menulis dan sudah menjadi hobinya sejak Sekolah Menengah Pertama (SMP). Bahkan, lanjut Iim, dirinya tidak pernah berpikir bahwa akan belajar qiraat.

“Pertama kali saya belajar qiraat ketika duduk di kelas 1 SMA, saya disuruh bergabung di ekstrakurikuler Alfan Islami yang dibina oleh Bapak Maulud Hidayat, guru agama saya di SMA. Setelah 1 tahun saya belajar, saya diikutkan lomba MTQ oleh beliau, dan atas berkat rahmat Allah Yang Kuasa serta doa dari guru-guru, keluarga, sahabat dan teman-teman semua, saya bisa sampai ke tingkat yg sekarang ini,” tuturnya.

“Padahal, saya awalnya tidak terlalu suka dengan qiraat, tapi kalau mendengar suara KH. Muammar ZA di kaset, saya jadi suka. Mungkin sudah takdir saya ada di situ,”ucap putri kedua dari Moh. Dasuki dan Sahlatun itu sambil tersenyum.

Baca juga:  Dokter Senior di Pamekasan Meninggal, Positif Corona

Menjelang lulus Sekolah Menengah Atas (SMA), IIm mengaku belajar qiraat kepada Ust. Kurdi yang selanjutnya atas permintaan dan nasihat Bapak Maulud (mentor Iim) untuk menambah guru qiraat lagi.

“Saya juga pernah dibina oleh Almarhum KH. Fuad dari Surabaya, Nyai Heni, dan Nyai Khoiriyah, serta guru-guru Qiraat yang ada di Sampang, seperti Nyai Fatimah, Nyai Muazzah, dan Ust. Ahmad Yani,” tandas Iim.

Berikut adalah riwayat perjalanan pendidikan dan prestasi Imroatun Jamilah Juarai I National Tektile University (NTU) Faisalabad Pakistan

Riwayat Pendidikan

  • TK Dharmawanita
  • Madrasah Diniyah Al-Choliliyah
  • SDN Polagan 1 Sampang
  • SMPN 2 Sampang
  • SMAN 2 Sampang
  • IAIN Madura
  • Saat ini: Semester 6, prodi Ilmu Alquran dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin dan Dakwah.
Lomba2 MTQ yang Pernah Diraih

1. Juara 1 MTQ Putri Tingkat SMA/MA Pentas PAIS Kab. Sampang tahun 2017

2. Juara Harapan 1 MTQ Putri Tingkat SMA/MA Pentas PAIS Provinsi Jawa Timur di Sidoarjo tahun 2017

3. Juara 1 Lomba MTQ Umum Golongan Remaja Putri Tingkat Kab. Sampang tahun 2018

4. Juara 2 MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an) Festival Samawat STAI Badrus Saleh Kediri Provinsi Jawa Timur tahun 2019

5. Juara 2 MSQ (Musabaqah Syarhil Qur’an) Madura’s Qur’anic Festival IAIN Madura Tingkat Mahasiswa Se-Madura tahun 2019

6. Juara 1 Lomba MTQ Jam’iyyatul Qurra’ Wal Huffadz (JQH) NU Golongan Remaja Putri Tingkat Kab. Sampang tahun 2020

Baca juga:  Satpol PP Tertibkan Reklame Tanpa Izin

7. Juara 3 Lomba MTQ Virtual Polres Sampang Dalam Rangka Hari Bhayangkara Ke-74 tahun 2020

8. Juara 1