Idul Fitri Cuti Bersama kecuali ASN Kesehatan

0
84
Dinas Kesehatan Kabupaten Sampang.

maduraindepth.com – Dalam waktu dekat ini, Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bertugas di Kabupaten Sampang akan cuti bersama untuk Hari Raya Idul Fitri 1440 Hijriyyah.

Namun untuk ASN yang bertugas di Puskesmas atau tempat pelayanan kesehatan tidak akan bisa menikmati cuti secara maksimal. Sebab pelayanan kesehatan di Sampang harus tetap berjalan.

“Pelayanan kesehatan harus tetap berjalan meski Idul Fitri,” tutur Plt Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang Agus Mulyadi kepada maduraindepth.com, Kamis (30/5/2019).

Agus mengatakan, ASN yang bertugas di Puskesmas atau di pelayanan kesehatan harus tetap standby, khususnya pelayanan emergency atau darurat.

“Jadi semua Puskesmas, Rumah Sakit, klinik wajib memberi pelayanan kesehatan meski pada saat hari H Idul Fitri. Jadi tetap ada petugas,” ucapnya.

Sementara mekanisme atau jadwal piket diatur oleh masing-masing kepala Puskesmas. “Jadi silahkan diatur bagaimana petugas itu menjalankan fungsinya di masing-masing sarana pelayanan kesehatan,” jelasnya.

“Kalau ada yang membolos, saya pikir ini berlaku untuk semua PNS. Untuk cuti bersama ada kewajiban, kalau tidak patuh, pasti ada sanksi secara prosedural,” tambahnya.

Untuk petugas, lanjut Agus, terutama Puskesmas harus siap melayani masyarakat dalam cuti bersama. Terutama melayani rawat inap dan emergemcy.

Agus Mulyadi memberi himbauan kepada masyarakat yang hendak mudik agar berhati-hati. “Sehingga tidak terjadi kecelakaan yang dapat mengancam kematian,” pungkasnya. (MH/NR)