Hani’atus Shofiyah Terpilih Sebagai Ketua PC Fatayat NU Sampang Periode 2020-2025

Nyai Hani'atus Shofiyah (tengah) terpilih sebagai Ketua PC Fatayat NU Sampang Periode 2020-2025 pada Konfercab V Fatayat NU Sampang, Minggu (4/10). (AW/MI)

maduraindepth.com – Hani’atus Shofiyah terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang (PC) Fatayat NU Sampang periode 2020-2025. Demisioner Sekretaris PC Fatayat NU Sampang periode 2015-2020 ini dipilih melalui sidang pleno pemilihan Ketua dan Formatur dalam Konferensi Cabang V Fatayat NU Sampang yang digelar di kantor PCNU Sampang, Minggu (4/10).

Sidang pleno dipimpin oleh Siti Maulida bersama rekannya, Sulami selaku Pimpinan Wilayah (PW) Fatayat NU Provinsi Jawa Timur. Sebanyak 12 perwakilan Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat NU memilih Hani’atus Shofiyah sebagai Ketua.


Siti Maulida, Kordinator Pengkaderan, PW Fatayat NU Provinsi Jawa Timur, mengungkapkan, atas dasar kesepatakan tata tertib persidangan bahwa untuk pemilihan, suara diambil dari 12 perwakilan Pengurus Anak Cabang (PAC) Fatayat NU Sampang.

“Sebenarnya ada 13, tapi 1 PAC tidak hadir. Dari situ terpilih Hani’atus Shofiyah secara mutlak yang mudah-mudahan nanti bisa memegang amanah Fatayat untuk kabupaten Sampang yang terbaik kedepan,” ucapnya.

Sedangkan untuk kriteria pemimpin, lanjut Maulida, harus sesuai peraturan rumah tangga (PRT) Fatayat NU, yakni berakhlakul karimah, kader militan dengan ketentuan pernah mengikuti Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) atau pelatihan formal pengkaderan Fatayat NU.

“Kemudian, pernah menjadi pimpinan cabang Fatayat minimal satu periode, dan maksimal berusia 45 tahun, serta tidak menjabat sebagai ketua Badan Otonom (Banom) atau organisasi kemasyarakatan pemuda (OKP) yang tidak sesuai haluan Ahlussunnah wal jamaah,” jelasnya.

Baca juga:  Sikapi RUU HIP, Ketua PCNU Sampang: Kami Mengikuti Arahan PBNU dan PWNU

Sementara itu, Hani’atus Shofiyah, Ketua PC Fatayat NU Sampang terpilih, mengaku tidak bisa berkata apa-apa. Perempuan yang biasa dipanggil Nyai Hanik ini hanya mengatakan terimakasih kepada semua sahabat Fatayat yang mempercayainya untuk mengemban tugas yang berat.

“Untuk Fatayat kedepan, saya tidak mempunyai angan yang muluk-muluk. Saya hanya mempunyai visi dan misi yang nantinya akan menjadi aksi yang terdapat banyak mimpi di dalamnya. Mari kita laksanakan dan berkhidmat bersama,” ucapnya. (RM/AW)