Festival Ojung 2024, Lestarikan Budaya dan Promosikan Destinasi Wisata

Festival ojung sumenep
Wasit memimpin pertandingan dua petarung dalam Festival Ojung 2024 di Pantai Badur, Kecamatan Batuputih, Sumenep, Sabtu (8/6). (Foto: Arif/MID)

maduraindepth.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sumenep terus menyelenggarakan kegiatan Calendar of Event 2024. Terbaru, acara yang dilaksanakan adalah Festival Ojung di Pantai Badur, Kecamatan Batuputih, Sabtu (8/6).

Perlu diketahui, ojung merupakan sebuah pertandingan yang mempertemukan dua petarung. Masing-masing di antaranya, saling menggunakan senjata rotan untuk memukul lawan. Konon, ojung diyakini sebagai tradisi yang dilakukan untuk terhindar dari malapetaka.

Festival ojung yang dijadwalkan melalui Caledar of Event Sumenep 2024 ini, sangat ditunggu. Kegiatan ini, bukan sekadar menjadi hiburan semata. Tetapi, juga menjadi upaya melestarikan budaya lokal yang sudah ada sejak dulu.

Bupati Sumenep Achmad Fauzi Wongsojudo mengungkapkan, banyak masyarakat yang ingin menyaksikan festival ojung. Untuk itu, keinginan tersebut diwujudkan melalui kegiatan kalender event tahun ini.

“Budaya itu, harus kita jaga dan rawat bersama. Kegiatan ini, adalah bagian dari cara merawatnya,” ungkapnya, Sabtu (8/6).

Dalam festival ojung tahun ini, terdapat sebanyak delapan peserta. Mereka merupakan petarung ojung yang andal dari berbagai kecamatan di Kota Keris. Salah satunya, berasal dari Kecamatan Batuputih, Batang-Batang dan Kalianget.

Sehubungan dengan itu, Bupati Fauzi sengaja melaksanakan festival ojung di Pantai Badur. Menurutnya, destinasi wisata pantai dengan keindahan panorama alam yang memukau di lokasi tersebut, sangat patut untuk dipromosikan.

“Pantai Badur ini, sangat cocok untuk dikunjungi saat liburan. Karena, pantainya memang bagus,” katanya.

Baca juga:  Bulan Suci, KPU Sampang Santuni Puluhan Anak Yatim di Kota Bahari

Sebagai destinasi wisata, Pantai Badur memiliki keunikan tersendiri sebagai daya tarik bagi wisatawan. Bahkan, sulit ditemukan di berbagai tempat wisata lainnya.

“Di Pantai Badur ini, terdapat perbaduan antara air laut dengan air tawar. Jadi, pengunjung bisa memilih sesuai keinginannya masing-masing,” ucapnya.

Tepat di lokasi wisata Pantai Badur, terhampar pasir putih yang indah. Sedangkan, di tepi pantai terdapat sungai air tawar yang jernih. Meskipun begitu, rasa air tawar di sungai dan asinnya air laut, sama-sama tidak berubah. (bus/*)

Baca Berita Menarik Lainnya DI SINI atau Ikut Kami di Saluran Whatsapp

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *