Dukungan untuk Polres Sampang: Bongkar Mafia Pupuk Sampai ke Akarnya

Penyelundupan Belasan Ton Pupuk Bersubsidi Sampang Madura
Saat aktivis meletakkan karangan bunga di depan Mapolres Sampang, Senin, 18 April 2022. (FOTO: Istimewa)

maduraindepth.com – Beberapa waktu lalu Kepolisian Resort (Polres) Sampang berhasil menggagalkan penyelundupan 17 ton pupuk bersubsidi ke luar Madura. Dukungan dari berbagai pihak terus mengalir untuk membongkar mafia pupuk di wilayah hukum setempat.

Bentuk dukungan itu disampaikan melalui karangan bunga yang diletakkan di halaman Mapolres Sampang, Senin (18/4). Dalam karangan bunga tertulis ‘Mendukung Polres Sampang Usut Tuntas Mafia Pupuk Sampai ke Akarnya’.


Selain itu, di samping karangan bunga juga tampak beberapa karung pupuk dengan berbagai jenis merek. Diantaranya ZA, NPK Phonska dan jenis pupuk bersubsidi lainnya.

Sekretaris Jaka Jatim Korda Sampang, Moh Hakim mengatakan, pihaknya sengaja meletakkan karangan bunga itu sebagai bentuk dukungan agar Polres bisa menyelesaikan kasus penyelewengan pupuk bersubsidi. Menurutnya, terungkapnya kasus penyelundupan itu menjadi menjadi atensi khusus.

“Soal penyelundupan pupuk, kami mendukung Polres Sampang untuk menyelesaikan dan menuntaskan sampai ke akar-akarnya,” ujarnya.

Hakim mengungkapkan, penduduk di Sampang mayoritas petani. Mereka sangat bergantung pada pupuk agar tanamannya tumbuh dengan baik. Namun sangat disayangkan, sejumlah kasus di sejumlah daerah terkait penyelundupan pupuk selalu kiriman dari Sampang.

Ia menyebut, kasus tersebut tidak hanya terjadi sekali saja. Tapi sudah berulang kali karena dinggap mampu meraup keuntungan besar bagi pelakunya dengan cara menjual pupuk subsidi ke luar Sampang.

Baca juga:  Gelar Sosialisasi, Diskan Sampang Dorong Nelayan Paham Peraturan Penangkapan Ikan

Pihaknya berharap aparat penegak hukum bisa membongkar mafia pupuk sampai ke akarnya. “Dispertan-KP dan KP3 Sampang tegas[lah] memberikan pembinaan kepada oknum,” harapnya.

Sementara Kasubbag Humas Polres Sampang, Iptu Sunarno berterima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung langkah polres. Baik dukungan yang datang dari perwakilan petani dan para aktivis di Kota Bahari.

Pihaknya menegaskan, kasus penyelundupan pupuk bersubsidi yang berhasil digagalkan Polres Sampang beberapa waktu lalu itu, akan terus berjalan hingga proses persidangan. (Baca: Belasan Ton Pupuk Bersubsidi Gagal Diselundupkan ke Luar Madura)

Sementara kini pihaknya masih terus berupaya mendalami dan mengembangkan kasus tersebut. “Kami ucapkan terimakasih, kasus pupuk bersubsidi masih jalan untuk mengungkap tersangka yang lain, Satreskrim masih terus berupaya,” pungkasnya. (Alim/MH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here