banner auto

Disnakertrans Dapat Kucuran Dana Rp 2 Miliar dari DBHCHT

Disnaker sampang pelatihan kerja
Kadisnakertrans Sampang, Muhammad Syahrir. (FOTO: Alimuddin/MiD)

maduraindepth.com – Dinas Tenaga Kerja ran Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sampang mendapat gelontoran dana mencapai Rp 2 miliar. Dana yang bersumber dari Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) itu dialokasikan khusus pelatihan kerja berbasis kompetensi.

Kepala Disnakertrans Kabupaten Sampang, Muhammad Syahrir mengonfirmasi, tahun ini pihaknya mendapat kucuran dana Rp 2 miliar lebih. Menurutnya dana tersebut hanya bersifat sementara.

Dana Rp 2 miliar itu nantinya akan dialokasikan pada tiga tahap pelatihan kerja. Tahun 2023 ini pelatihan akan digelar per triwulan sekali.

“Ada pelatihan servis sepeda motor roda dua dan empat, menjahit, membuat kue, dan las besi,” ujarnya, Jumat (7/4).

Dia menjelaskan, tujuan diadakan pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan keterampilan masyarakat yang sudah memasuki usia kerja. Sedangkan usia yang diperkenankan mengikuti pelatihan minimal 15 tahun ke atas.

“Kedepannya peserta yang sudah ikuti pelatihan ini bisa bekerja dengan keahlian yang didapat dan bisa mengurangi angka pengangguran di Sampang,” terangnya.

Diketahui, per triwulan pertama di 2023 sudah berjalan pelatihan kerja, sejak tanggal 20 hingga 27 Januari 2023 sudah dibuka.

“Pelatihan kerja berlangsung 6 Februari 2023, ada pelatihan desain grafis muda 260 JP, service sepeda motor injeksi 280 JP, menjahit dengan mesin lockstich 280 JP, pembuatan roti dan kue 140 JP, plate walder SMAW 3F 180 JP, ” pungkasnya. (Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto