Dinas Perikanan Sampang Adakan Lomba Pokdakan, Berikut Pemenangnya

Dinas Perikanan Sampang
Pemenang lomba foto bersama usai menerima hadiah. (FOTO: Mahfud for MI)

maduraindepth.com – Sejumlah kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) mengikuti lomba pengolahan hasil budidaya ikan dan hasil produk, Selasa (22/11). Lomba yang digelar Dinas Perikanan Sampang ini bertujuan untuk menilai, memotivasi, dan mengapresiasi keberadaan aktivitas Pokdakan, termasuk penyuluh perikanan.

Kepala Dinas Perikanan Wahyu Prihartono melalui Kepala Bidang (Kabid) Perikanan dan Budidaya, Moh. Mahfud mengatakan, pembinaan Pokdakan me­lalui kegiatan lomba dimaksudkan meningkatkan peran ke­lompok dalam membudidaya ikan.

Tak hanya itu, kata Mahfud, dalam pelaksa­naan dan pencapaian sa­saran program pemba­ngunan perikanan lebih mengutamakan pengembangan kualitas sumber daya manusia, serta kelembagaan kelompok perikanan sendiri.

“Penilaian bersifat obyektif dan independen terhadap semua peserta, sehingga kelompok semangat mengambangkan budidaya ikan hingga hasil produk sendiri,” ujar Mahfud.

Mahfud menguraikan, di Kabupaten Sampang terdapat 150 kelompok Pokdakan. Namun yang mengikuti lomba hanya enam kelompok saja.

Dari lomba tingkat kabupaten ini, Dinas Perikanan hanya mengambil tiga pemenang. Nantinya, juara satu dengan kinerja terbaik akan dikirim ke tingkat provinsi.

Pemenang Lomba Pokdakan

banner 728x728

Dari enam kelompok, hanya tiga yang berhasil lolos menjadi pemenang. Berikut uraiannya:

Juara I
Pokdakan Barisan Tani Makmur dari Barisan Indah, Sampang

Juara II
Pokdakan Sumber Indah dari Desa Napo Laok, Kecamatan Omben

Juara III
Pokdakan Barokah dari Desa Prajjan, Kecamatan Camplong

“Kami akan kirim kelompok budidaya ikan terbaik di Sampang untuk ikut lomba di tingkat Jawa Timur,” ujar Mahfud.

Mahfud meminta agar Pokdakan di Sampang terus bekerja keras dan meningkatkan kinerja lebih baik lagi. Selain itu, juga harus berpikir kreatif guna meningkatkan budidaya ikan di Kota Bahari.

“Kelompok Pokdakan sudah sukses membudidaya ikan lele untuk menopang kebutuhan ekonomi keluarga dan kelompoknya, dan atas prestasinya kami berikan piagam penghargaan serta uang pembinaan,” pungkasnya. (Alim/MH)

banner 728x728

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

banner 728x90
WhatsApp Kirim Info