Bupati dan Wabup Sampang Salat Idul Adha di Lapangan Wijaya Kusuma

Bupati Sampang
JAGA JARAK: Bupati Slamet Junaidi dan Wakilnya Abdullah Hidayat saat mengikuti salat ied di Lapangan Wijaya Kusuma, Jum'at (31/7) pagi. (Foto: Protokoler Humas Pemkab Sampang for MI)

maduraindepth.com – Bupati Sampang Slamet Junaidi dan Wakilnya Abdullah Hidayat melaksanakan salat Idul Adha 1441 Hijriyah di Lapangan Wijaya Kusuma, Jum’at (31/7) pagi. Keduanya melaksanakan salat ied bersama masyarakat setempat dengan melaksanakan protokol kesehatan COVID-19.

Pantauan maduraindepth.com, sebelum salat ied dimulai para jemah yang memasuki Lapangan Wijaya Kusuma dicek suhu tubuhnya di pintu masuk. Jemaah salat ied juga diwajibkan mengenakan masker.


Barisan shaf salat juga tampak direnggangkan guna mematuhi protokol kesehatan. Pelaksanaan salat Idul Adha dimulai pada pukul 06:30 WIB.

Tak hanya Bupati dan Wakilnya yang melaksanakan salat Idul Adha di Lapangan Wijaya Kusuma. Kapolres AKBP Didit Bambang Wibowo S, Dandim 0828 Letkol Arm Mulya Yaser Kalsum dan Ketua DPRD, Fadol juga tampak hadir dalam pelaksanaan salat fardu kifayah tersebut.

Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kabupaten Sampang KH Buchori Maksum bertindak sebagai khotib atau orang yang berkhutbah.

Bupati Sampang Salat Idul Adha
Suasana salat Idul Adha 1441 Hijriyah di Lapangan Wijaya Kusuma dengan memperhatikan protokol kesehatan COVID-19. (Foto : Protokoler Humas Pemkab Sampang for MI)

Usai melaksanakan salat ied, Slamet Junaidi dan Abdullah Hidayat beserta Forkopimda menyerahkan hewan kurban secara simbolis. Hewan kurban tersebut diserahkan kepada perwakilan Masjid Agung, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dan Muhammadiyah.

Selepas itu, dilanjutkan dengan menggelar open house dan halal bihalal di Pendopo Trunojoyo dengan tetap mengikuti protokol kesehatan.

Orang nomor satu di lingkungan Pemkab Sampang itu menegaskan, meski lebaran Idul Adha tahun ini dirayakan di tengah pandemi, tempat ibadah yang berada di Sampang telah dibuka seluas-luasnya. Kendati demikian, dia tetap mengimbau masyarakat agar tetap mengikuti protokol kesehatan COVID-19.

Baca juga:  Hadirkan Layananan Kesehatan, Bupati Sampang Resmikan Puskesmas Pulau Mandangin

“Semoga pandemi COVID-18 segera berakhir dan hewan kurban yang dibagikan Pemerintah Kabupaten Sampang akan bermanfaat untuk masyarakat yang membutuhkan,” ujarnya.

Untuk diketahui, pada lebaran kali ini Pemkab Sampang menyerahkan sebanyak 26 ekor hewan dan diserahkan untuk masjid dan pondok pesantren di 14 kecamatan. Rinciannya 16 ekor sapi dan 10 ekor kambing. (RIF/MH)