Bocah Kecanduan Hirup Aroma Bensin Jalani Terapi, Seperti Apa Kondisinya?

Kapolres Sampang AKBP Arman dan Kadinkes dr. Najih menjenguk Alifa, bocah yang kecanduan menghirup aroma bensin, Kamis (16/6). (Foto: Alimuddin/MI)

maduraindepth.com – Kebiasaan menghirup aroma bensin yang dilakukan Alifa, bocah berusia 4 tahun mendapat perhatian dari Kepolisian Resor (Polres) dan Dinas Kesehatan (Dinkes) Sampang. Kamis (16/6), kedua instansi itu mendatangi rumah Alifa di dusun Gendia, Desa Rabasan, Kecamatan Camplong, Sampang.

Kapolres Sampang AKBP Arman didampingi Kepala Dinkes, dr. Najih dan rombongan datang menjenguk Alifa untuk memastikan kesehatannya. Selain itu, juga memberikan mainan agar bocah 4 tahun itu tidak lagi melakukan kebiasaan menghirup aroma bensin.


“Kami bersama rombongan mendatangi rumah Alifa untuk melihat langsung kondisinya. Setelah dilakukan pengobatan oleh tim medis, Alhamdullah Alifa saat ini kondisinya sehat dan akan terus dipantau tim medis untuk menghilangkan kebiasaan menghirup aroma bensin,” ujar Kapolres Sampang, AKBP Arman.

Sementara, Kepala Dinkes Sampang, dr. Abdullah Najih mengaku cukup prihatin dengan kebiasaan Alifa bocah 4 tahun itu. Dirinya telah melakukan koordinasi dengan rumah sakit setempat untuk intens melakukan pemeriksaan kepada Alifa.

“Tim medis mengecek sisi terapi perilaku dari Alifa, yang mana mengubah kebiasaan menghirup aroma bensin bisa ditiadakan,” ucap Najih.

Ia menambahkan, upaya pertama yang harus dilakukan guna menghilangkan kebiasaan tersebut adalah dengan kebiasaan baru, yakni mengupayakan Alifa untuk menghirup aroma-aroma selain bensin.

“Kedua perlu mengalihkan ke arah kebiasaan baru, misalnya melukis sehingga waktu luangnya Alifa bisa dimanfaatkan untuk hal baik disamping dukungan dari kelurga dan tim medis,” pungkasnya. (Alim/AW)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here