Berikut Aturan Terbaru Pilkades Serentak 2021 di Sumenep

946
Pilkades Serentak 2021 Sumenep
Kepala DPMD Sumenep Moh. Ramli. (Foto: Badri Stiawan/MI)

maduraindepth.com – Ada aturan baru mengenai pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2021 di Kabupaten Sumenep. Regulasi tersebut tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Sumenep nomor 15/2021 tentang Pilkades.

Aturan terbaru mengenai pesta demokrasi tingkat desa itu sebagai pengganti Perbup nomor 54/2020. Salah satu poinnya yakni menyangkut pencegahan penyebaran Covid-19 di Kota Keris.


Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sumenep Moh. Ramli menjelaskan, Perbup nomor 15/2021 sudah terbit. Selanjutnya, regulasi itu akan disosialisasikan kepada pihak-pihak terkait.

Diterangkan, untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) nantinya akan dibagi setiap dusun. Ketentuan itu untuk meminimalisir penyebaran Covid-19.

“Pada prinsipnya tidak ada perbedaan mendasar dengan Perbup sebelumnya. Hanya saja ketentuan TPS dilakukan tiap dusun,” ujarnya, Selasa (16/3).

Saat ini, lanjut Ramli, pihaknya tengah berencana melakukan koordinasi dengan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan Forum Pimpinan Kecamatan (Forpimka). Tujuannya, untuk persiapan sosialisasi Perbup nomor 15/2021.

Mengenai pelaksanaan pemungutan suara, Ramli menyebut belum ada jadwal pasti. Namun pihaknya memperkirakan pelaksanaan Pilkades Serentak 2021 di Sumenep akan digelar Juni mendatang.

“Kami akan menyampaikan ke BPD dan Plt Kades agar segera membentuk kepanitiaan Pilkades,” tutup Ramli. (BAD)