Belasan UMKM Kepulauan Ikuti Festival Pesisir I di Mandangin

Festival Pesisir
Pengunjung Festival Pesisir I melihat produk yang dipasarkan UMKM Kepulauan Mandangin. (FOTO: Alimuddin/MiD)

maduraindepth.com – Kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Pesona Mandangin hadirkan belasan pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) pada acara festival pesisir I, pada Sabtu (4/3) lalu. Keterlibatan pelaku UMKM asal Mandangin itu bertujuan untuk memperjualbelikan olahan khas desa setempat.

Founder Pokdarwis Pesona Mandangin, Lukman Hakim mengatakan, keterlibatan sejumlah pelaku UMKM asal kepulauan itu sebagai upaya untuk mengangkat kembali branding produk khas Mandangin. Mulai dari kue, minuman, kerupuk dan sambel khasnya.

“Sengaja kami undang para pelaku UMKM ini supaya sektor perekonomian di Mandangin terus berkelanjutan,” ucapnya.

Dia menjelaskan, sepekan sebelum acara festival pesisir I digelar, pelaku UMKM diundang untuk mengikuti penyuluhan tentang pengembangan dan pemasaran produk. Melalui kegiatan ini diharapkan mereka bisa memahami cara memasarkan produknya.

“Komitmen kami, selain mengembangkan potensi wisata alam, dan religi, Pokdarwis juga akan mengembangkan pelaku usaha untuk kemajuan perekonomian, semua olahan bisa dijual ke luar desa,” terangnya.

Festival Pesisir Pulau Mandangin
Deretan UMKM memasarkan produknya di gerai Festival Pesisir di Pulau Mandangin. (FOTO: Alimuddin/MiD)

Sementara ini masih ada 12 pelaku UMKM yang ikut di festival pesisir I ini. Dia berharap semoga kedepan lebih banyak lagi, supaya pengembangan di sektor ekonomi terus perjuangkan.

Diana Safira, salah satu pelaku UMKM tampak antusias mengikuti event ini. Ia berterima kasih lantaran bisa ikut serta memeriahkan festival pesisir I Pesona Mandangin.

Menurutnya, selain adanya pelatihan tentang pengembangan UMKM, acara seperti ini juga dirasa penting. Sebab olahan produk yang dihasilkan bisa dipasarkan lebih luas. Buktinya ada banyak tamu dari luar desa datang untuk melihat dan membelinya.

Baca juga:  Sebanyak 1.973 Pengendara di Sampang Terjaring Operasi Patuh Semeru 2023

“Produk ini tidak hanya bisa dipasarkan ke dalam daerah saja, tetapi harus dikenal oleh masyarakat luar melalui festival pesisir I ini,” ungkapnya.

Dia menekankan, selain acara festival pesisir I kedepan harus ada kegiatan yang berkelanjutan. Sehingga para pelaku UMKM ini tetap berjualan dan bisa meningkatan perekonomi warga. (Alim/MH)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

banner auto